PENGERTIAN, CONTOH, DAN BAHAYA ANANIYYAH / EGOIS

Posted on 16 views
No ratings yet.

Pengertian ananiyaah – kata lain dari ananiyah adalah egois. Sebelumnya kita Sudha membahas mengenai zuhud dan tawakal. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, contoh, dan bahaya ananiyaah. Simak penjelasan berikut ini.

Jangan Marah Jika Allah Tidak Mengabulkan Permintaan Kita

Pengertian ananiyyah

Pengertian ananiyyah adalah sifat orang yang selalu mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Orang tersebut akan individual atau hidup sendiri, perlu diketahui bahwa manusia adalah hidup social yang membutuhkan orang lain.

Banyak orang yang mempunyai sifat ananiyyah di lingkungan kita, tidak sulit menemukan orang demikian. Dikehidupan modern sekarang semakin tidak kenal dengan tetangga. Apa yang terjadi dengan tetangga tidak perduli. Baginya yang terpenting adalah hidupnya sendiri.

Hidup seperti itu tidak akan bisa, karena dalam kehidupan hakikatnya manusia membutuhkan orang lain karena manusia adalah mahkluk social. Artinya manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain. Misalnya, untuk berpakaian saja kita membutuhkan penjahit, penjual baju baru baju tersebut bisa kita gunakan. Memasak nasi tanpa petani menanam padi tidak akan bisa kita makan nasi.

Contoh ananiyaah

Kalian bisa memahami mengenai ananiyyah dengan membaca contoh sifat orang ananiyyah. Ada beberapa contoh ananiyyah antara lain:

1.      Egois

Mementingkah diri sendiri dibandingkan orang lain atau egois, tidak perduli akan orang lain dan membiarkan orang lain terkena musibah. Orang demikian termasuk ananiyyah. Rasulullah menyebut orang semacam itu sebagai orang tidak beriman. Melihat teman kita kesusahan tidak berusaha membantu, bahkan acuh tidak peduli, orang seperti ini adalah orang yang mempunyai sifat ananiyyah.

2.      Merokok di Tempat Umum

Merokok di tempat umum merupakan contoh sifat orang ananiyah. Seharusnya merokok di tempat yang sudah di sediakan atau minggir. Tidak semua nyaman dengan asap rokok. Asap rokok yang keluar dari mulut seseorang membahayakan bagi kesehatan apa lagi bagi orang yang tidak merokok. Perlu di himbau bahwa dilarang merokok di tempat umum.

3.      Orang kaya tidak Bersedekah

Orang yang tidak mau bersedekah termasuk orang yang egois. Sebagian rezeki kita adalah milik kaum duafa yang kekurangan. Orang kaya tidak bersedekah termasuk orang ananiyya, karena mereka kikir tidak ingin bersedekah. Baginya uang mereka adalah milik mereka. Contohnya jika teman kita tidak ada uang untuk makan, sebagai teman yang baik dan kebetulan kita ada uang kita belikan makan. Pasti suatu saat disaat kita tidak ada uang dia akan membelikan makan kepada kita.

Bahaya Ananiyyah

Yang paling bahaya dari sifat ananiyyah adalah tidak ada yang menolong ketika susah. Tidak ada manusia yang luput akan cobaan. Orang yang mempunyai sifat ananiyyah tidak perduli akan sekitar, kemudian dia mendapatkan suatu cobaan dan orang sekita tidak perduli akan itu. Sehingga tidak di anjurkan sekali memiliki sifat ananiyyah.

Baca Juga:

Pengertian Iman kepada Hari Akhir | pelajarindo.com

Pengertian Nikah Menurut Islam

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *