Pengertian Analisis | Menurut Para Ahli, Tujuan, dan Contoh

Posted on 168 views
5/5 (1)

Pengertian Analisis – Segala sesuatu perlu analisis yang matang agar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang di mau. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai monitoring kalian bisa baca link di bawah ini. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian analisis, tujuan dan contohnya. Simak penjelasan berikut ini.

Monitoring | Pengertian, Tujuan, Contoh dan Tahapan

Pengertian Analisis

Pengertian analisis menurut kamus besar Bahasa Indonesia (2002:43) Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan  bagian  itu  sendiri  serta  hubungan  antar  bagianuntuk  memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Menentukan suatau permasalahan bisa menggunakan analisis namun bukan hanya itu analasis yang kuat bisa menentukan rancangan yang kuat. Membuat sebuah projek tentu harus menganaisis rencana dan rancangan kerja sebaik mungkin.

Analisis bisa di lihat dari 4 sisi yaitu kelebihan, kekurangan, ancaman dan peluang. Ke empatnya sangat penting agar perusahaan mengenali dari tiap-tiap analisis. Dengan demikian bisa memanfaatkan peluang kedepannya.

Dalam suatu sistem yang rumit bisa di urai dengan adanya analisis. Dari tiap divisi dapat di pisahkan terlebih dahulu kemudian di analisis dan di urai permasalah. Kemudian dapat di tentukan dugaan-dugaan masalah yang muncul.

Pengertian Analisis
Pengertian Analisis

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa analiais menurut para ahli yang berpendapat mengenai analisis antara lain:

Menurut Sugiyono, 2015 : 335),

Analisis  adalah sebuah kegiatan untuk mencari suatu pola selain itu analisis merupakan cara berpikiryang    berkaitandengan   pengujian    secara    sistematis   terhadap    sesuatu   untuk menentukanbagian, hubungan  antar  bagian  dan  hubungannya  dengankeseluruhan.

Menururt Satori dan Komariyah (2014:200),

Analisis adalah suatu usaha untuk mengurai suatu masalah atau fokus kajian menjadi bagian-bagian  (decomposition)  sehingga  susunan/tatanan  bentuk  sesuatu  yang  diurai itu tampak dengan  jelas dan karenanya  bisa secara  lebih terang ditangkap  maknanya atau lebih jernih dimengerti duduk perkaranya.

Nasution  dalam  Sugiyono  (2015:334),

Melakukan  analisis  adalah  pekerjaan sulit,  memerlukan    kerja  keras.  Tidak  ada  cara  tertentu  yang  dapat  diikuti  untukmengadakan  analisis,sehingga  setiap  peneliti  harus  mencari  sendiri  metode  yang dirasakancocokdengansifatpenelitiannya.Bahan  yang  samabisa  diklasifikasikan berbeda.

Tagapan Analisis

Melakukan analisis ada beberapa tahapan yang harus di lakukan. Berikut ini adalah tahapan analisis antara lain:

1.      Perancangan

Tahapan perancangan yang sering di sebut dengan Plan adalah penyusunan rencana pembelajaran. Menyusun beberapa peralatan yang di butuhkan dan menyiapkan lembar observasi untuk pengamat pada saat pelaksanaan.

2.      Tindakan

Pelaksanaan tindakan atau yang sering di sebut act adalah melaksanakan perancangan yang sudah di susun di awal. Pengamat akan mencatat seluruh proses yang berjalan untuk menganalisis sistem.

3.      Penyelidikan

Tahapan penyelidikan atau yang sering di sebut research adalah mengumpulkan data data yang ada untuk di analisis. Setiap kali pemberian tindakan berakhir, maka data yang terkumpul dianalisis berdasarkan hasil observasi, hasil kerja siswa, hasil terakhir dan hasil wawancara.

4.      Refleksi

Tahapan refleksi adalah tahapan diskusi dengan pengamat untuk menanyakan beberapa hasil. Dari hasil data, wawancara, catatan lapangan kemudian di Tarik kesimpulan dalam perancanaan tidakan selanjutnya.

Tujuan Analisis

Berikut ini adalah beberapa tujuan analisis antara lain:

Mengumpulkan semua data yang berkaitan untuk digunakan sebagai keperluan analisis. Setelah menganalisa data-data yang ada dapat menentukan dugaan atau permasalahan. Setelah itu pemimpin dapat mengambil suatu tundakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tersebut. Selain selemahan pimpinan juga harus memperhatikan peluan kedepannya seperti apa.

Contoh Analisis

Berikut ini adalah contoh analisis antara lain
Analisis Peaces

PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek antara lain adalah kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service).

Pengertian Analisis Pieces dan Contohnya – Pelajarindo

Analisis Swot

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Baca Juga:

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *