MOTIF BATIK | MOTIF YANG WAJIB KALIAN KETAHUI

Posted on 73 views
No ratings yet.

Motif Batik – Berbagai daerah di Indonesia mempunyai jenis motif batik yang beragam. ebelumnya kita sudah membahas mengenai orgamen geometris, dan gambar ragam hias geometris. Kali ini kita akan membahas mengenai motif batik, simak penjelasan berikut ini.

GAMBAR RAGAM HIAS Geometris | Gambar Motif Ragam Hias

Motif Batik

Zaman dahulu batik di buat dari kain putih yaitu mori, kemudian seiring berkembangnya zaman batik berkembang dengan berbagai motif. Sekarang kain batik bisa menggunakan kain sutra, katun, rayon, polister dan kainnnya.

1.      Motif Batik Sekar Jagad

Motif ini berasal jawa dengan khas berwarna coklat, lebih tepatnya Yogyakarta. Batik ini memiliki arti yaitu segar jagad keindahan dan kecantikan seluruh alam. Warna dasar yang di gunakan yaitu coklat dengan motif hitam, putih atau coklat muda. Motif yang di bentuk seperti pulau-pulau menggambarkan kepulauan Indonesia.

2.      Motif Sidomukti Magetan

Motif sidomukti digunakan sebagai upacara adat yang sacral. Diharapkan motif batik ini memberikan ketenangan lahir batik. Batik ini berasal dari megetan dengan warna yang dominan putih dan coklat.

3.      Motif Batik Keraton

Motif ini seperti Namanya di gunakan oleh bangsawan keraton. Rakyat biasa tidak boleh menggunakan motif ini karena batik ini sangat ekslusif. Kemudian seiring berjalannya zaman aturan ini di cabut, sehingga masayrakat bisa menggunakan batik ini.

4.      Motif Batik Jepara

Batik ini adalah batik dari jepara dengan dua motif yatu motif lama dan motif baru. Warna dasar batik ini adalah hitam atau coklat tua. Motif yang di gunakan flora dan fauna. Batik jepara rata-rata di buat dengan teknik tulis.

5.      Motif Batik Solo

Batik solo sangat terkenal dan mempunyai motif yang beragam. Warna dasar coklat dengan motif tradisional dan menggunakan bahan alami sebagai pewarna. Filosofi batik solo yaitu gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan bagi masayrakatnya.

6.      Motif Batik Kawung

Motif ini sangat terkenal dan banyak jenisnya. Batik jenis ini sangat tua biasanya di pakai oleh kakek-kakek zaman dahulu. Pola dalam batik ini bulatan yang serupa tetapi berbentuk geometris. Batik kawung bisa di sebut batik dengan motif bunga teratai. Bunga teratai melambangkan umur Panjang dan kesucian.

Baca Juga:

ORNAMEN GEOMETRIS | Pengertian, Contoh, Motif, Gambar

GAMBAR BATIK GEOMETRIS | Ragam Hias Geometris

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *