MOTIF BATIK ACEH | Sejarah, Gambar dan Penjelasan – Pelajarindo.com

Posted on

Motif batik Aceh – Aceh adalah pulau pertama di dalam peta Indonesia terletak sebelah timur pada Sumatra. Aceh juga ada kain khas batik yang sangat unik. Pulau Aceh bisa di katakana serambi mekahnya Indoensia, sehingga kain-kain khas di sana masih berhubungan dengan islami.

Sejarah Batik Aceh

Aceh senarnya tidak memiliki kain khas batik, namun bayak pedagang jaman dahulu yang membawa kain batik ke pulau Aceh. Kain batik kebanyakan berasan dari jawa, namun oleh masyaakat Aceh di lakukan penyesuaian dan di samakan dengan kerajinan yang lain. Sehingga kain batik Aceh sangat cocok dengan keadaan kehidupan Aceh. Dalam sejarah tidak di jelasakan kapan masyarakat jawa dating ke Aceh untuk memperkenalkan budaya membatik.

Setelah kain batik memasuki Kawasan luas Aceh kemudian masyarakat memodifikasi nya sendiri agar cocok dengan dirinya. Maka dari itu kain batik di Aceh terkesan islami dan tertutup. Agar terlihat sopan dengan elegan di gunakan oleh masyarakat Aceh dan sekitarnya.

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Motif Batik Aceh

Motif batik Aceh sangat unik menggunakan unsur alam dan budaya khas Aceh sendiri. Di Aceh sangat banyak kerajinan tangan yang mesyarakat Aceh sendiri membuatnya. Perpaduan warnanya juga unik dengan dominan yang cerah seperti kuning, merah, merah muda (pink), dan hijau. Dalam memberikan warna yang sangat berani sehingga kain batik berkesan mewah dan elegan.

Masyarakat Aceh tidak menggambar wujud manusia dalam kain batiknya, lebih ke tumbuhan atau alam. Pengaruh islam sangat kuat dalam budaya batik di Aceh. Berikut ini adalah beberapa motif batik Aceh antara lain:

1.      Motif Pintu Aceh

Motif pintu Aceh adalah budaya Aceh yang menggambarkan kehidupan masyarakat Aceh. Telah kita ketahui bahwa Aceh merupakan pulau pertama Indonesia. Masyarakat Aceh banyak yang tidak terbuka oleh orang baru. Namun jika sudah kenal dan akrab mereka akan menganggapnya saudara.

2.      Motif Tolak Angin

Motif tolak angin adalah motif yang terinspirasi dari rumah adat Aceh pada bagian pintu. Filosofinya adalah masyarakat Aceh mudah menerima perbedaan antar umat manusia.

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

3.      Motif Bungong Jeumpa

Motif ini biasa disebut dengan bunga jeumpa atau bunga kantil yang paling sering kita jumpai di masyarakat Aceh. Bentuk bunga jeumpa sangat indah sehingga msayarakat Aceh melukisnya pada kain batik. Motif batik ini menggambarkan keindahan alam Aceh.

4.      Motif Rencong

Motif batik rencong adalah terinspirasi dari senjata khas Aceh yang merupai belati. Mayarakat Aceh percaya bahwa lukisan belati yang hampir membentuk huruf L yang melambangkan bissmilah. Senjata ini sangat popular sehingga Aceh di juluki tanah rencong.

5.      Custom lainnya

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini, dapatkan apa yang kamu mau”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *