MENGGAMBAR BENTUK | Pendekatan dengan Model & tanpa Model

Posted on 50 views
No ratings yet.

Menggambar bentuk – Menggambar karya seni objek sering kali disebut dengan benda atau model. Objek gambar adalah benda yang di tiru sebagai contoh gambar. Sebelumnya kita sudah membahas pengertian naturalisme, realisme, kubisme dan surialisme. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai menggambar bentuk, simak penjelasan berikut.

7 TEKNIK MENGGAMBAR BENTUK | Gambar dan Penjelasan

Menggambar bentuk

Menggambar adalah aktivitas yang di lakukan seniman dalam mengekspresikan sesuatu dalam bentuk gambar atau kanvas. Ada banyak Teknik menggambar dan prinsip menggambar bentuk.

Ada dua pendekatan yang di gunakan untuk menggambar bentuk yaitu pendekatan dengan model dan pendekatan tanpa model. Berikut adalah penjelasannya:

1.      Pendekatan dengan Model

Pendekatan dengan model adalah pendekatan yang ada objek bentuk gambarnya. Objek yang di maksud misalnya buah, orang/figuran, kursi, Gedung, gelas dan lainnya. Menggambar dengan pendekatan ini harus dan wajib ada model atau objek yang akan di gambar. Adapun kemudahan dalam menggambar dengan pendekatan ini adalah

  • Objek yang di gambar jelas
  • Tidak perlu mencari objek lain
  • Focus terhadap satu objek
  • Penggambar dapat mengontrol gambar dan model
  • Ketepatan sudut atau gelap terang lebih baik
  • Cocok untuk pemula (baru belajar menggambar)

2.      Pendekatan Tanpa model

Pendekatan tanpa model adalah pendekatan imajinasi dan tanpa model sama sekali. Biasanya Teknik ini digunakan oleh seseorang yang sudah ahli dalam bidang menggambar. Hal ini seorang seniman harus memiliki imajinasi yang kuat terhadap suatu gambar dan kemudian di tuangkan di kertas atau kanvas. Adapun kelebihan dalam pendekatan ini adalah imajinasi gambar akan lebih luas dan kreatif. Namun kelemahannya tidak di anjurkan bagi seseorang yang baru belajar menggambar.

Baca Juga:

Pengertian Surealisme, Contoh, Penjelasan Lengkap – Pelajarindo

Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

PENGERTIAN LUKISAN ABSTRAK | Contoh dan Penjelasan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “MENGGAMBAR BENTUK | Pendekatan dengan Model & tanpa Model

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *