Mengapa diperlukan Pengendalian dan Audit Teknologi Informasi

Posted on 47 views
No ratings yet.

Mengapa diperlukan Pengendalian dan Audit Teknologi Informasi – mengapa di perlukan audit? kenapa harus di lakukan pengendalian? Nah berikut ini pelajarindo akan membahas kedua hal tersebut. Sebelumnya anda bisa membaca mengenai pengertian audit menurut para ahli di bawah ini, ini rekomen banget untuk anda baca sebelum anda bertanya mengapa di perlukannya pengendalian dan audit.

Pengertian Audit Menurut para Ahli – Pelajarindo

Mengapa diperlukan Pengendalian

Audit adalah pemeriksaan yang di lakukan secara sistematis yang dapat membutikan kebenaran sebuah laporan. Laporan harus bersifat wajar dan tidak ada yang janggal dari segi apapun. Audit merupakan salah satu pengendalian agar tidak terjadi kesalahan yang berangsur-angsur.

Mengapa di perlukan pengendalian? Karena dengan adanya audit maka pengendalian kesalahan akan dapat di minimalisir dan dalap di ketahui lenbih dulu. Ketika terjadi kesalah cepat di lakukan penanggulangan sehingga tidak terjebak dalam kesalahan yang lama.

Pengendalian harus di lakukan demi kebaikan organisasi atau perusahaan, dengan adanya audit dapat membantu menemukan celah kesalahan. sebisa mungkin tidak ada celah sedikit untuk dapat merugikan perusahaan. Itulah sebabnya perlu mengapa dilakukan pengendalian.

Perhatikan gambar berikut ini:

Mengapa diperlukan Pengendalian dan Audit Teknologi Informasi

Gambar di atas akan mewakili mengapa di perlukan pengendalian dan audit sistem informasi. Berikut adalah penjelasan secara detailnya.

1. Kehilangan Data

Salah satu yang di khawatirkan perusahaan adalah kehilangan data, kerena data adalah sumber informasi dan informasi adalah penentu pengambilan keputusan oleh menager. Sehingga perlu keamanan data yang baik.

2. Kesalahan Pengembilan Keputusan

Seorang manager akan mengambil keputusan, keputusan yang di ambil tidak salah. Jika pengambilan keputusan akan menimbulkan masalah baru dan masalah yang lama belum juga terselesaikan.

3. Penyalahgunaan Komputer

Semua data dan informasi penting di simpan di computer. Penyalagunaan komputer akan berakibat fatal. Untuk menghindari virus, pencurian, kerusakan, dan ancaman pihak internal atau eksternal. Dengan adanya audit maka akan cepat teratasi.

4. Kesalahan Operasi Komputer

Operasi yang di gunakan eror atau terkena virus berakibat penghambat kinerja. Jangan sampai salah menghitung apa lagi yang berhubungan dengan uang.

5. Privasi

Banyak dokumen yang bersifat rahasia dan jika jatuh ketangan orang yang salah kemungkinan penyalagunaan. Mengakibatkan kerugian perusahaan yang lebih.

Audit Teknologi Informasi

Audit teknologi sistem informasi yang di lakukan perusahaan atau organisasi untuk menangani teknologi informasi. Dalam hal ini perlu di lakukan audit, karena berhubungan dengan teknologi yang nantinya akan menghasilkan informasi. Informasi harus berdasarkan fakta, informasi adalah penentu pengambilan keputusan oleh atasan. Sehingga sangat penting audit sistem informasi yang berhubungan dengan informasi.

Setelah dilakukan audit sistem informasi maka akan di temukan celah atau kesalahan dimana kesalahan itu harus secepat mungkin di perbaiki. Seorang auditor akan memberikan saran terkait kesalahan dari teknologi informasi. Bagaimana informasi ini bersifat fakta, aman, cepat dan dapat di kendalikan.

Audit teknologi informasi bisa di lakukan secara berangsur-angsur, karena teknologi informasi tidak secara cepat di perbaiki. Memperbaiki teknologi informasi membutuhkan waktu, tetapi tidak terlalu lama juga.

Berikut ini adalah tujuan audit yang bisa anda baca agar menambah wawasan mengenai audit.

Tujuan Audit Menurut para Ahli – Pelajarindo

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Now, I will do what makes me happy and I don’t waste my time’

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Mengapa diperlukan Pengendalian dan Audit Teknologi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *