LANGKAH-LANGKAH MENGARANG LAGU PENJELASAN LENGKAP

Posted on 33 views
No ratings yet.

Langkah-Langkah Mengarang Lagu – Berkarya Musik khususnya mengarang lagu atau membuat lirik lagu tidak sekedar menyusun nada menjadi melodi namun membutuhkan pengetahuan yang luas. Sebelumnya kita sudah membahas menganai Unsur-Unsur Dasar dalam Berkarya. Kali ini kita akan membahas menganai langkah-langkah mengarang lagu. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tempo | Tanda Lambat, Sedang, Cepat & Perubahan

Langkah-Langkah Mengarang Lagu

Berikut ini adalah langkah-langkah mengarang lagu antara lain:

1.      Memilih Tema Lagu

Tema lagu adalah pokok pikiran, gagasan atau ide dasar dalam membuat lagu. Dalam bermusik, tema dapat di ambil dari beberapa kejadian misalnya dari pengalaman hidup, kehidupan sehari-hari, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta dan kasih sayang. Setelah menentukan tema maka dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam sehingga menimbulkan melodi yang bermacam-macam sifat, bentuk, dan sejenisnya.

2.      Memilih Bentuk Komposisi

Mambuat komposisi musik perlu beberapa proses, berikut ini adalah memilih beberapa komposisi antara lain:

  1. Menyusun nada menjadi melodi
  2. Menyusun nada menjadi harmoni
  3. Menggabungkan harmoni dan melodi menjadi suatu komposisi musik
  4. Menyusun fase untuk membentuk kalimat lagu
  5. Menyusun Gerakan musik yang sesusai dengan bentuk komposisi musik

Ada beberapa bentuk komposisi antara lain:

  1. Bentuk binair sederhana yaitu AA dan AB
  2. Brntuk ternair yaitu AAB, ABC, AAB, dan AA’B
  3. Dan bentuk bervariasi

Bentuk binair AB dan Tenair ABA, ABC, AAB, dan ABB:

1. Sebagai contoh lagu Indonesia pusaka menggunakan cyclic from komposisi AB, komposisi AB susunan melodi pada bait kedua berbeda dengan melodi bait pertama.

Lagu Indonesia Pusaka
Lagu Indonesia Pusaka

2. Bentuk teniar ABA, ABC, AAB, ABB adalah bentuk tenair susunan bait pertama diulang oleh bait ketiga, sedangkan susunan melodi bait kedua berbeda sama sekali. Sebagai contoh lagu adalah Nun Dia Mana.

Lagu Nun Dia Mana
Lagu Nun Dia Mana

9 Unsur-Unsur dalam Musik dan Lagu Beserta Penjelasannya

3.      Menentukan Tangga Nada

Menentukan tangga nada berhubungan dengan karakter lagu yang akan di buat. Tangga nada mayor melukiskan karakter dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, gembira, riang, menyenangkan dan ceria. Sedangkan tangga nada minor melukiskan karakter dan sifat sedih, jecewa, kegagalan, dan melankolis. Ada juga dalam satu lagu menggunakan tangga nada dua.

4.      Menentukan Ambitus Suara

Ambitus adalah jangkauan wilayah. Menentukan ambitus suara adalah mengetahui pangsa pasar atau target yang harus diperhatikan sebelum menciptakan lagu. Misalnya target pasarnya untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, dan umum. Ambitus anak-anak lebih terbatas dibandingkan dengan orang dewasa.

Kelompok ambitus suara manusia pada umunya:

  1. Ambitus suara anak-anak berkaisar antara nada rendah a-d2 dan tinggi c’-f2
  2. Ambitus suara orang dewasa perempuan dibagi menjadi sopran antara c’-a2 , mezzosopran antara 4-f2 dan alto antara f-d2 .
  3. Ambitus suara orang dewasa laki-laki dibagi menjadi tenor antara c-a’, bariton antara A-F’ dan bas antara f-d’.

5.      Menentukan Metrum

Menentukan metrum atau ukuran birama sangat mempengaruhi irama lagu yang akan diciptakan karena irama merupakan denyut nadi dan unsur-unsur pokok sebuah lagu. Berikut ini adalah table irama musik atau lagu:

Tanda birama Metrum Irama yang timbul
2/4 . _ Mars / Tempo d’ marcia
¾ . _ _ Walz
6/8 . _ . _ Jass Walz
4/4 . _ _ _ Jass, rock, samba, mambo, cha cha, hustel, swing, fox trot, tango, slow beat, bequine, keroncong, langgam dan danggut

. = arsis (bagian kuat)

_ = thesis (bagian ringan)

Pengertian, Sejarah, Contoh MUSIK NON TRADISIONAL

6.      Menyusun Melodi atau Menyusun Syair Lagu

Setiap pengarang lagu dalam menyusun melodi atau membuat  syair lagu memiliki cara yang berbeda, namun tidak boleh berdiri sendiri apa lagi bertentangan. Kedua factor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menyusun sebuah melodi adalah sebagai berikut:

a.       Struktur Melodi

Sebelum menyusun melodi, sebaiknya menentukan bentuk komposisi lagu terlebih dahulu. Struktur melodi terdiri dari suatu rangkaian periode yang di susun dari beberapa frase. Satu frase melodi terdiri dari dua motif yang melukiskan watak atau jiwa lagu yang akan tercipta.

b.       Gerakan Melodi

Gerakan melodi ditentukan oleh irama, sedangkan cara menggerakkan melodi dipengaruhi oelah interval. Ada empat macam gerak melodi antara lain:

  • Gerak melodi rata atau mendatar melukiskan seasana tenang
  • Gerak melodi naik melukiskan suasana dinamis
  • Gerak melodi turun melukiskan suasana damai dan keragu-raguan
  • Gerak melodi turun naik melukiskan suasana berubah-ubah, kadang senang, lalu sedih, atau sebaliknya.

Baca Juga:

Pengertian Musik Tradisional | jenis musik tradisional

4 CABANG SENI | RUPA, MUSIK, TARI DAN DRAMA

ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *