Komponen-Komponen Komputer | Pelajarindo.com

Posted on

Komponen-Komponen Komputer

Komponen-Komponen Komputer – banyak sekali komponen-komponen komputer mulai dari perangkat-perangkat utama hingga pendukung. Sampai sekarang banyak sekali perangkat yang belum kita ketahui. Terkadang kita mengerti fungsinya tetapi tidak tahu namanya. Begitu sebaliknya tahu namanya tetapi tidak tahu fungsinya. Hal yang wajar, sebab didalam komputer sangat banyak komponen yang di luar nalar juga.

Sampai sekarangpun saya masih banyak yang belum tahu komponen-komponen komputer. bukan saja sarjana komputer yang dianggap mastah tentang komputer. sarjana komputer juga manusia hahaha sering lupa.

Saya ingin berbagi beberapa pengetahuan saya mengenai komponen-komponen komputer. saya dan Pelajarindo.com akan membahas secara menarik. Simak pembahasan berikut ini.

Komponen-komponen komputer sangat banyak sekali mulai dari perangkat utama sampai perangkat tambahan. Perhatikan gambar di bawah ini. Pada gambar ini banyak sekali disisi-sisi perangkat dan semua akan terhubung didalam CPU (central processing unit).  Didalam CPU (central processing unit)  ada prosesor, register, cache dan ALU.

Komponen-komponen Komputer

Dari gambar di atas menjelaskan bahwa semua akan terhubung dengan CPU (central processing unit). Input device merupakan masukan dari berbagai perintah yang di inginkan. Sedangkan output device adalah keluaran dari berbagai perintah, keluaran biasanya berupa hasil inputan. Ada peripheral device adalah perangkat tambahan. Storage adalah memori yang di gunakan.

Dibagi menjadi 2 bagian dari komponen-komponen komputer yaitu perangkat masukan (input device) dan perangkat keluaran (output device).

Perangkat Masukan (input device)

Berikut ini adalah beberapa contoh Perangkat Masukan (input device) beserta gambarnya:

  1. Keyboard

Jika menekan salah satu tombol di keyboard maka akan mengirimkan scan code dan jika tombolnya dilepaskan maka mengirim signal 128 kali dari pertama. Keyboard adalah alat input promer PC dan memiliki mikroposesor 8084 sebagai pendeteksi tombol.

  1. Mouse

Mouse bisa di artikan tikus, benar mirip tikus memiliki ekor. Mouse termasuk input pointer atau alat petunjuk. Mouse bertugas menggerakkan petunjuk semua pada layar berupa simbol dan tursor. Anak panah atau garis yang berkedip di sebut tursor.

  1. Scanner

Scanner dan printer merupakan perangkat yang berbeda tetapi biasanya terdapat dalam satu perangkat. Untuk scanner bekerja seperti halnya fotocopy. Tetapi kalau scanner di simpannya berupa media bukan bentuk cetakan.

  1. Joy stick

Yang suka main game pasti tahu alat yang satu ini. Yah benar biasa di sebut stick PS. Stick memiliki bagian-bagian tombol di kekelilingnya. Dan tombol-tombol tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Baca Juga:

Pengertian Sistem Komputer | Pelajarindo.com

Perangkat Keluaran (output device)

Berikut ini adalah beberapa contoh Perangkat pengeluaran (output device) beserta gambarnya:

  1. LCD (Monitor)

Komputer output layar berupa LCD. Perangkat ini berfungsi memberikan tampilan apa saja yang di kerjakan oleh si pengguna.

  1. Printer

Sudah dijelaskan printer dan scanner adalah perangkat yang berbeda. Jika scanner menyimpannya dalam perangkat sedangkan printer output berupa cetakan kertas.

  1. Speaker

Yang terbiasa dengan mendengarkan lagu pasti tidak akan asing dengan benda ini. Speaker digunakan untuk penguat suara yang di hasilkan perangkat.

  1. LCD Projector

Hampir sama dengan LCD monitor bedanya kalau projector digunakan untuk presentasi dengan gambar yang lebih besar.

Banyak sekali manfaat belajar komponen-komponen komputer, yang biasanya kita hanya bisa pakai tetapi tidak tahu namanya. Anda sudah tahu setiap komponen-komponennya? Kunjungi terus pelajarindo.com banyak sekali ilmu yang sangat kita butuhkan. Mari kita belajar bersama.

Jangan lupa like dan share. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dengan akun anda di bawah ini. Insyaallah admin akan jawab dengan sepengetahuan admin. Terima kasih.

5 thoughts on “Komponen-Komponen Komputer | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *