KERAWANG GAYO ACEH | Sejarah, Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

Posted on 20 views
5/5 (1)

Kerawang Gayo Aceh – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai kain khas Aceh yaitu kerawang gayo. Kita akan membahas dari mulai sejarah, jenis, motif, fungsi dan gambar songket sambas. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai kain tapis Lampung dan kain songket Palembang.

SONGKET SAMBAS KALBAR |Sejarah, Jenis, Motif, Fungsi, Gambar

Sejarah Kerawang Gayo

Kerawang adalah tulisan pada sebuah serpihan gerabah slip merah. Di atas gerabah tersebut terdapat ukiran berwarna merah membentuk huruf S dan X serta  segitiga. Menurut arkeolog ukiran gerabah tersebut adalah peninggalan zaman neolitik 3000 tahun yang lalu.

Setelah di teliti ternyata hiruf S pada serpihan gerabah itu mirip dengan emun berangkat dalam budaya aceh tengah. Sedangkan huruf X mirip dengan ukuran tapak seleman dan segitiga mirip dengan pucuk rebung.

Kerawang gayo adalah sebutan nama motif-motif ukir pada suku gayo provinsi Aceh. Motif-motif yang terdapat pada kain khas aceh, rumah adat, bangunan-bangunan bersejarah, ayaman, gerabah adalah motif kerawang. Semakin berkembangnya zaman motif kerawang sangat berkembang dan berfariasi.

Menurut masyarakat gayo asli motif kerawang memiliki cerita yang Panjang dan unik. Masyarakat gayo meyakini nenek moyang suku gayo berkediaman atau berrumah di sekitar daerah gayo. Gayo adalah daerah dyang berada di perbukitan tinggi aceh sehingga sering di sebut dengan dataran tinggi gayo.

MOTIF BATIK ACEH | Sejarah, Gambar dan Penjelasan – Pelajarindo.com

Fungsi Kain Kerawang Gayo

Berikut ini adalah makna warna yang ada pada motif Kerawang Gayo:

  1. Hitam merupakan hasil keputusan adat
  2. Merah sebagai tanda berani (mersik) bertindak dalam kebenaran
  3. Putih sebagai tanda suci dalam tindakan lahir dan batin
  4. Hijau sebagai tanda kejayaan dan kerajinan (lisik) didalam kehidupan sehari-hari
  5. Kuning sebagai tanda hati-hati (urik) dalam bertindak

Motif Kerawang Gayo

Berikut ini adalah jenis motif kerawang gayo antara lain:

1.      Motif Kerawang Gayo Mata Itik

Motif kerawang gayo mata titik focus pada tengah gambarnya. Kerawang gayo motif ini memiliki dasar warna hitam dengan motif merah, kuning, dan hijau. Mata itik mempunyai makna bahwa yg ikut menentukan dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues, adalah penghulu, ulama dan golongan cerdik pandai.

2.      Motif Kerawang Gayo Pucuk Rebung

Pucuk rebung adalah motif yang paling banyak motif kain khas. Di aceh juga ada motif ini dengan khas acah. Pucuk rebung mempunyai makna masyarakat Gayo Lues mencintai keadilan dan kedamaian.

3.      Motif Kerawang Gayo Lues

Motif ini memiliki warna dasat hitam dengan motif biru, kuning, merah dan hijau.

4.      Motif Kerawang Gayo Emon Berangkat

Mun berangkat bermakna bahwa masyarakata Gayo Lues mempunyai cita-cita dan tata cara dalam kehidupan bermasyarakat.

5.      Motif Kerawang Gayo Puter Tali

Puter tali bermakna dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues terdapat kesatuan dan persatuan.

6.      Motif Kerawang Gayo Pagar

Motif pagar adalah motif di bagian samping kain dengan sejajar membentuk pagar. Bias juga untuk pembatas antar motif lain.

7.      Motif Kerawang Gayo Ulen

Motif kerawang gayo ulen merupakan representasi dari bulan yang merupakan simbol kekuatan dan memberi penerangan pada dunia.

8.      Motif Kerawang Gayo Telapak Seleman

Keagungan dan mukjizatnya adalah dapat berbicara dengan segala makhluk yang hidup dan yang mati, serta mampu mendengar berbagai bisikan jarak dekat maupun yang jauh.

9.      Motif Kerawang Gayo bunge kipes

Bunge kipes mempunyai makna bahwa Masyarakat Gayo Lues mempunyai harmonis antara manusia dengan Tuhan ( Hablumminallah), manusia dengan manusia ( Hablumminannas) dan manusia dengan lingkungannya.

10.  Motif Kerawang Gayo Leladu

leladu bermakna bahwa masyarakat Gayo Lues memiliki harkat dan martabat dan berwibawa.

11.  Motif Kerawang Gayo Sesirung

Sesirung mempunyai makna bahwa dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues selalu salaing membantu.

12.  Motif Kerawang Gayo Tulenni Iken

Tulenni iken bermakna masyarakat Gayo Lues memiliki sifat untuk membela diri dalam kebenaran. Takut karena salah dan berani karena benar.

13.  Motif Kerawang Gayo Gegaping

Gegaping mempunyai makan bahwa masyarakat Gayo Lues memiliki ketaatan terhadap pemerintahan, agama, dan adat istiadat. Murip Ikanung edet mate ikanung ukum (agama).

14.  Motif Kerawang Gayo Bunge Panah

Bunge panah memilki makna bahwa masyarakat Gayo Lues memiliki sifat keterbukaan dalam menerima dan menjalankan ketentuan tang tidka bertentanagan dengan agama dan adat.

15.  Motif Kerawang Gayo Motif Selalu

Motif selalu bermakna bahwa masyarakat Gayo Lues memiliki sifat kejujuran dan ketulusan hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

KAIN TRADISIONAL | 33 provinsi, Sejarah, Nama, Gambar & Makna

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *