Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik dan Bahan yang Digunakan

Posted on

Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik dan Bahan yang Digunakan – kreatifitas dalam mengolah bahan untuk melukis sangat berkembang. Dengan bahan dan alat yang di gunakan menghasilkan karya seni yang menakjubkan. Berikut ini kita akan membahas mengenai jenis lukisan berdasarkan Teknik dan bahan yang di gunakan.

ALAT dan MEDIA GAMBAR | Untuk Menggambar

Pengertian Seni Lukis

Pengertian seni lukis adalah cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional adalah garis dan warna. Melukis adalah karya seni yang  melibatkan emosi, imajinasi, dan gagasan penuh atas suatu karya.

Soedarso Sp (1990:11) mengungkapkan:

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu, dengan melibatkan ekspresi, emosi, dan gagasan pencipta secara penuh.

Sebuah lukisan harus mempunyai objek-objek didalamnya, dan dapat di terjemahkan apa saja objek, tema, dan gagasan secara representative. Seni lukis adalah pengembangan dari menggambar dan penggambaran.

Lukisan juga ada ciri khas dan gagaran sendiri-sendiri, biasanya di tunjukkan dalam warna, corak, arsiran, Teknik menggambar, gaya, dan raga lukisan. Kita akan membahas mengenai aliran gaya lukisan yang sering di pakai oleh pelukis-pelukis ternama.

1.      Lukisan Tempera

Lukisan Tempera
Lukisan Tempera

Teknik lukisan tempera sudah dikenal pada zaman renaissance yaitu cat yang di gunakan dicampur dengan perekat. Perekat yang di gunakan adalah putih telur atau sagu. Lukisan jenis ini di terapkan di permukaan tembok atau dinding sebagai penolak bala seperti lukisan di goa-goa.

2.      Lukisan Al Fresco

Lukisan Al Fresco
Lukisan Al Fresco

Teknik lukisan al fresco dapat di aplikasikan di dinding yang masih basah dan di taburi dengan bahan perekat. Lukisan jenis ini di kenal dengan iistana Vatikan.

Musik ansambel | Alat Musik Ritmis, Melodis, Harmonis

3.      Lukisan Al Secco

Lukisan Al Secco
Lukisan Al Secco

Teknik lukisan al secco hamper sama dengan al fresco. Yang membedakannya adalah dinding yang sudah kering. Teknik lukisan al secco pernah di buat oleh Leonardo da Vinci pada gereja Santa Maria di Kota Milan Italia.

4.      Mozaik

Mozaik
Mozaik

Teknik Mozaik adalah menempelkan pecahan atau lempengan kaca yang berwarna-warni pada dinsing untuk membentuk suatu objek tertentu. Bahan yang di gunakan untuk membuat mozaik adalah pecahan kaca, keramik, perselen, potongan foto, potongan kertas, dan potongan kayu.

5.      Lukisan Kaca

Lukisan Kaca
Lukisan Kaca

Teknik lukisan kaca menggunakan bahan utama kaca, timah, kuningan, dan tembaga sebagai penyambungnya sehingga membentuk suatu objek lukisan. Biasanya lukisan ini digunakan sebagai hiasan pada pintu dan jedela.

6.      Lukisan Cat Minyak

Lukisan Cat Minyak
Lukisan Cat Minyak

Teknik lukisan cat minyak medianya adalah kanvas. Kain yang di beri cat dasar akan di campurkan larutan lem sehingga tidak tembus ke belakang ketika melukis. Cat minyak yang digunakan biasanya dikemas bentuk tube timah seperti pasta gigi dan mudah di gunakan. Saat di gunakan cat tersebut di campur dengan lejn oil.

7.      Lukisan Cat Air

Lukisan Cat Air
Lukisan Cat Air

Teknik lukisan cat air ini paling banyak di gunakan. Cat yang di gunakan untuk melukis di campur dengan air. Lukisan cat air dengan sapuan warna tipis sehingga menghasilkan lukisan yang transparan pada kertas.

8.      Lukisan Acrylic

Lukisan Acrylic
Lukisan Acrylic

Lukisan acrylic menggunakan bahan yang di sebut acrylic. Lukisan yang di hasilkan cenderung berwarna terang dan cerah menyala. Teknik ini di aplikasikan pada eksperimen sepatu, tas, dan bahan kain lainnya.

9.      Lukisan Batik

Lukisan Batik
Lukisan Batik

Lukisan ini hamper sama dengan membuat batik. Teknik menutupi permukaan kain dengan lilin atau malam batik untuk membentuk pola objek. Hasil nya akan di celupkan pada pewarna.

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Cara Menggambar Batik dengan Pensil- Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Milasari, Heru Subagio, Siti Masripah, dan Jelmanto

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Kesenian – Studi dan Pengajaran

Kelas               : 9

ISBN 978-602-1530-74-0 (jilid lengkap)

Leave a Reply