6 JENIS LAGU NUSANTARA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Posted on 30 views
5/5 (1)

Jenis Lagu Nusantara – Lagu nusantara memiliki kebaragaman dan keunikan sendiri-sendiri. Jenis lagu yang ada diIndonesia ada beberapa misalnya lagu keroncong, seriosa, daerah, popular dan masih banyak lagi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai unsur-unsur dasar berkarya musik. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis lagu nusantara, simak penjelasan berikut ini.

UNSUR-UNSUR DASAR DALAM BERKARYA MUSIK

Jenis Lagu Nusatara

Sebuah musik hal yang peling penting adalah suara bunyi. Bagian dari musik adalah lagu, lagu adalah hasil karya musik berupa nada-nada dan syair yang disusun sedemikian rupa. Syair akan disusun untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya.

Lagu nusantara adalah lagu yang tumbuh dan berkembang di wilayah nusantara, ada beberapa lagu yang poluler dari dahulu hingga sakarang.

9 Unsur-Unsur dalam Musik dan Lagu Beserta Penjelasannya

Jenis lagu nusantara ada 6 yaitu lagu daerah, lagu melayu, lagu keroncong, lagu seriosa, lagu popular, dan lagu dangdut. Berikut ini kita akan membahas mengenai jenis lagu nusantara antara lain:

1.      Lagu daerah

Lagu daerah adalah lagu yang lahir karena budaya daerah setempat dan diturunkan turun menurun hingga sekarang ini. Ada beberapa lagu daerah yang menggunakan Bahasa daerah setempat agar lekat terhadap budaya setempat. Selain Bahasa, lirik atau alunan juga di sesuaikan dengan budaya setempat. Bentuk dan pola yang disusun dengan sederhana sehingga warga setempat mudah untuk mengingat dan menghafalkan. Berikut ini ada beberapa lagu daerah yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia:

Lagu Asal Daerah
Lon Sayang Aceh
Dek Sangke Sumatra Selatan
Apuse Papua
Ayo Mama Maluku
Injit-injit Semut Sumatra Timur
Ondel-ondel Jakarta
Lipang Lipang Dang Lampung
Macepet Cepetan Bali
Gundul Pacul Jawa Tengah
Ketalang Petang Jambi
Anging Mamiri Sulawesi Selatan
O Ina Ni Keke Sulawesi Utara
Cik Cik Periuk Kalimantan Barat
Lamin Talunsur Kalimantan Timur

2.      Lagu Anak-Anak

Lagu anak-anak adalah lagu di peruntukan anak-anak yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Lagu anak memiliki lirik kehidupan sehari-hari dan sederhana agar anak-anak mengerti. Emosi dari lagu anak adalah kegembiraan dan menyenangkan. Nada yang di gunakan juga nada yang tidak tinggi, standar agar mudah menyanyikannya. Isi lagu anak bisanya mendidik kea rah yang positif misalnya tentang kasih sayang ibu, ketuhanan, cinta tanah air, karakter binatang dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah contoh lagu anak-anak:

  1. Cicak-cicak di dinding
  2. Bangun tidur
  3. Kupu-kupu yang lucu
  4. Naik delman
  5. Kasih ibu
  6. Burung kakak tua
  7. Abang tukang bakso
  8. Tik tik bunyi hujan
  9. Kalua kau suka hati
  10. Ambilkan bulan bu
  11. Aku anak gembala
  12. Du di dam
  13. Pelangi-pelangi

PENGERTIAN SENI MUSIK | Unsur, Jenis, Fungsi

3.      Lagu Melayu

Lagu melayu adalah lagu asli dari daerah deli. Ciri khas lagu melayu adalah menggunakan gendang tradisional melayu. Jembatan menuju melayu pop modern Indonesia adalah pengembangan bentuk musik orchestra. Pengembangan lebih jauh ke melayu modern didirikan oleh Orkes Melayu Tarantura (Reynold Panggaben) dan Soneta Grub (Roma Irama). Orkestra melayu sering di sebut dengan musik dangdut. Berikut ini adalah contoh lagu melayu antara lain:

  1. Selayang pandang
  2. Lancing kuning
  3. Luluh
  4. Pantun budi
  5. Zapin melayu
  6. Gerimis mengundang
  7. Cindai
  8. Layang-layang
  9. Jejaka idaman
  10. Gula-gula
  11. Pesta panen

4.      Lagu Keroncong

Lagu keroncong adalah musik yang mempunyai  bunyi birama yang gaduh namun beraturan, ciri khas musik keroncong menggunakan ukulele. Keroncong memiliki birama 4/4. Alat musik atau birama yang di gunakan berjumlah 7 macam yaitu bass, cello, biola, seruling, gitar melodi, ukulele dan chak. Berikut ini adalah contoh lagu keroncong antara lain:

  1. Bengawan solo
  2. Mawar Sekuntum
  3. Kemesraan
  4. Caping Gunung
  5. Di Bawah Sinar Bulan Purnama
  6. Bengawan Solo
  7. Saputangan
  8. Bunga Anggrek
  9. Jembatan Merah
  10. Sapu Tangan

5.      Lagu Seriosa

Lagu seiosa adalah lagu yang di bawakan dengan serius dan mengintepresatikan maksud dan tujuan  lagu. Seriosa hanyalah menyangkut Teknik pengungkapan sebuah lagu. Teknik yang di gunakan untuk bernyanyi berbeda dengan bernyanyi pop atau biasa. Improvisasi yang di gunakan harus baik dan mampu menguasai lagu dengan pengembangan vocal. Penyanyi seriosa harus mempunyai vibra yang bagus. Berikut ini adalah lagu-lagi seriosa antara lain:

  1. Wanita (ismail Marzuki)
  2. Malati suci (Harry Singgih)
  3. Mekar melati (C Simanjuntak)
  4. Irama Desa (Iskandar)
  5. Persembahan (Iskandar)
  6. Malam Kenangan (Saiful Bahri)
  7. Embun (GWR Sinus)

6.      Lagu Populer

Lagu popular adalah lagu yang sedang pupuler saat ini dan bersifat sementara atau memounyai jangka waktu, namun ada juga yang permanen dikenang hingga sekarang. Bisanya lagu populer di mainkan oleh grub musik atau solois. Berikut ini adalah grub musik yang slank, ada band, wali, ungu, serta solois misalnya Andrea, Raisa, Isyana, Rizki Febrian, Marion Jola dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Pengertian, Sejarah, Contoh MUSIK NON TRADISIONAL

Pengertian Musik Tradisional | jenis musik tradisional

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “6 JENIS LAGU NUSANTARA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *