12 JENIS-JENIS IKLAN ONLINE, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Posted on

Jenis-Jenis Iklan Online – Iklan adalah promosi atau mengenalkan produk/jasa kepada khalayak ramai yang bertujuan untuk mendapatkan omzet. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Google Adwords kali ini kita akan membahas mengenai iklan online. simak penjelasan berikut ini.

Metode Pembayaran Google AdWords | Transfer, PayPal, Kredit

Jenis-Jenis Iklan Online

Pengertian iklan online atau biasa di sebut dengan online advertising adalah info atau pesan yang di sampaikan kepada khalayak ramai yang bertujuan untuk memperkenalkan, mengajak, dan membujuk agar khalayak luas ikut kedalam ajakan tertentu yang di pasang dan bisa terlibat pada jaringan internet. Iklan online menggunakan media elekronik untuk memasarkan iklannya.

Iklan online merupakan upaya pemasaran online degan menampilkan sebuah sub web pada hasil pencarian search engine dengan cara perbayar. Pemasaran iklan online biasa di gambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jawa lewat dunia maya yang bertujuan untuk meraih keuntungan dari penjualan.

Lebih jelasnya kalian bisa baca lebih lanjut mengenai pengertian iklan online berikut adalah linknya:

PENGERTIAN, TUJUAN, CONTOH, JENIS DAN KEUNTUNGAN IKLAN ONLINE

Berikut ini adalah 12 jenis-jenis iklan online berikut dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing:

1.      Direct Advertising

Direct advertising adalah iklan online dimana pemasangan iklan dan pemilik media berhungan langsung dan menandatangi kontrak untuk menampilkan iklan. Media yang biasanya menjadi iklan njenis ini adalah website atau blog yang memunyai layanan iklan dengan traffic rank yang cukup tinngi. Blog tersebut bisa di percaya penyedia jasa iklan dan cukup populer di kalangan pengunjung. Iklan ini biasanya berupa benner atau gambar dan tulisan.

Direct Advertisng
Direct Advertisng

Kelebihan Direct Advertising

Kelebihan direct advertising adalah iklan yang cukup praktis yaitu dengan memajang iklan sesuai dengan yang di inginkan. Iklan ini bisa menyersuaikan pada target konsumen tertentu agar lebih efektif.

Selnservice Advertising
Selnservice Advertising

Kekurangan Direct Advertising

Kekurangan direct advertising adalah penyesuaian ukuran, adanya ukuran tampilan dan disesuaikan dengan harga. Harga yang murah memungkinkan ukuran iklannya kecil. Jika pesaing memiliki ukuran yang lebih besar kemungkinan memiliki peluang lebih besar. Menampilkan benner yang lebih besar maka membutuhkan biasya yang bersar juga.

2.      SelfnService Advertising

Selfnservice advertising adalah pendekatan iklan baru dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan, serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang di lakukan sendiri dalam jaringan. Salah satu contoh Selfnservice advertising adalah Google Adwords. Iklan jenis ini memungkinkan pengunjung melihat berbagai jenis penyedia layanan iklan.

Kelebihan Selfnservice advertising

Kelebihan Selfnservice advertising adalah pemasangan iklan lebih leluasa dalam mengatur konten maupun tata letak iklan. Pemasangan iklan akan dikenakan biaya jika ada pengunjung yang klik iklan tersebut.

Kekurangan Selfnservice advertising

Memerlukan keahlian khusus agar iklan terlihat menarik. Kurnag nya kreativitas dapat mengakibatkan iklan kurang menarik. Iklan jenis ini kurang efektif karena tidak adanya target untuk konsumen. Harus ada redaksi kata atau keyword yang pas sebagai keta kunci pencar Google biasaya akan ada pesaing yang menawarkan iklan yang serupa.

3.      Ad Networks

Ad Networds adalah sebuah jaringan yang menghunungkan antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Bisanya menargetkan iklan-iklan yang tidak mempunyai target konsumen khusus. Pemasang iklan jenis ini biasanya mengincar sebanyak mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya minim. Contoh iklan ini adalah Value Clik Media dan Tribal Fusion.

Kelebihan Ad Networks

Kelebihan ad networks adalah penulis bisa focus pada artikel yang berkualitas tanpa harus memiliki traffic rank blog yang tinggi agar mendapatkan iklan semakin tinggi.

Kelemahan Ad Networks

Kekurangan ad networks adalah banyak peraturan yang harus di ikuti sehingga kurangnya kebebasan dalam pemasangan iklan dan tidak dapat menentukan jenis iklan apa saja yang ingin ditampilkan di blog atau website.

4.      Contextual Advertising

Kontextual advertising adalah jenis iklan yang ditargetkan pada konten tidak secara acak, namun dapat di pilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan konten yang relevan dari iklan tersebut. Contoh iklan Kontextual advertising adalah Google Adsen dan Yahoo Publisher Network.

Kelebihan Kontextual advertising

Kelebihan Kontextual advertising adalah iklan ini sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai dengan produk yang dipromosikan. Sehingga pengguna internet akan bergabung lebih banyak melihat iklan tersebut. Biaya iklan murah karena perhitungan bayar per klik dari pengunjung.

Kelemahan Kontextual advertising

Kelemahan Kontextual advertising adalah Karena di tentukan oleh sistem, maka pakar konsumen tidak dapat ditentukan oleh pemasang iklan.

Pengertian Iklan PPC (Pay Per Click), Tipe, Macam-Macam PPC

5.      Twitter Advertising

Twitter advertising adalah jenis iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasangan iklan yaitu iklan berbasis keyword yang pendek. Akan di distribusikan kepada kosumen yang membaca konten sesuai dengan keyword yang di pilih. Iklan jenis ini misalnya magpie dan twittad.

Kelebihan Twitter advertising

Kelebihan twitter advertising adalah memungkinkan banyak di promosikan dikunjungu banyak konsumen yang akana bergabung. Melihat banyaknya pengguna twitter sangat memungkinkan untuk memperoleh banyak calon konsumen.

Kelemahan Twitter advertising

Kelemahan twitter advertising adalah Iklan ini kecil sehingga banyak orang yang tidak mengetahui iklan ini. Dalam hitungan menit juga iklan akan bergeser kebawah. Twitter hanya dibatasi 140 karater harus memikirkan kalimat pendek untuk terlihat menarik.

6.      In Text Advertising

Sistem in text advertising secara otomatis menghubungkan kata tertentu dalam website dengan konten iklan yang berhubungan. Contoh in text advertising  adalah kontera dan vibrant in text ad.

Kelebihan In Text Advertising

Kelebihan Ad Network Optimization adalah link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna

Kekurangan In Text Advertising

Kekurangan Ad Network Optimization adalah Sasaran pasar tidak bisa di prediksi oleh pemasang iklan.

7.      Ad Network Optimization

Ad Network Optimization mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk menampilkan dalam halaman web dengan mengavaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang baik. Contoh iklan ini adalah Pubmatic dan Yeildbuild.

Kelebihan Ad Network Optimization

Pesaing dalam mempromosiikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik dan medapat efek positif terhadap pesaing iklan.

Kelemahan Ad Network Optimization

Kelemahan Ad Network Optimization tidak semua perusahaan menggunakan bentuk iklan ini dan tidak semua level produk di iklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.

Target Tampilan Google Adwords | Target Audiens & Konten

8.      Rep Ad Agencies

Rep Ad Agencies adalah agen iklan yang mewakili blog-blog dan situs web tertentu memediasi penjualan meraka untuk berkampanye besar. Iklan jenis ini misalnya federated media dan tribal fusion.

Kelebihan Rep Ad Agencies

Kelebihan Rep Ad Agencies adalah memudahkan prusahaan dalam mrmpromosikan produk atau jasa dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.

Kekurangan Rep Ad Agencies

Kekurangan Rep Ad Agencies adalah besar biaya iklan pengeluaran iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.

9.      Sosial Advertising

Sosial advertising adalah iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh social misalnya peer groub, word of mouth, viral marketing dan merekomendasikan langsung dari teman ke teman. Iklan jenis ini misalnya iklan facebook, video lag dan meebo.

Kelebihan Sosial Advertising

Kelebihan sosial advertising tidak membutuhkan biaya yang mahal

Kelemahan Sosial Advertising

Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog untuk mempermudah promosi.

Kerangka Kerja Cobit, 4 Domain Cobit, 7 Pendekatan Cobit

10.  Video Advertising

Video advertsising adalah iklan dalam bentuk video. Target pasar iklan ini adalah para konten video. Ada beberapa format yang tersedia termasuk iklan dinamis bisa tampil sebelum atau sesudah. Iklan jenis ini adalah voxant dan adsen for video.

Kelebihan Video Advertising

Kelemahan video advertising adalah lebih menarik untuk di lihat karena berbentuk audio bisual.

Kelemahan Video Advertising

Kelemahan video advertising adalah pengguna akan lebih fokus pada konten videonya disbanding dengan produk atau jasa. Pembuatan viedonya juga harus menarik.

11.  RSS Advertising

RSS advertising adalah tampilan iklan dalam RSS Feed yang bisa di sesuaikan dengan konten RSS Feed tersebut atau secara manual ditargetkan pad kebutuhan promosi tertentu. Contoh iklan ini adalah pheedo Feedvertising.

Kelebihan RSS Advertising

Kelebihan RSS advertising adalah penempatan iklan dapat di sesuaikan melalui klasifikasi kebutihan yang sudah di tentukan.

Kelemahan RSS Advertising

Kelemahan RSS advertising tidak banyak dilihat oleh pengguna internet.

12.  Sponsorship

Sponsorship adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga bentuk dana atau jasa sebagai ganti promosi terhadap suatu merek/ sponsorship online strategi alternative yang banyak di gunakan dan dianggap lebih efektif dari pamasangan iklan online dalam bentuk benner.

Kelebihan Sponsorship

Kelebihan sponsorsorship adalah sasaran pasarnya lebih banyak dan lebih efektif.

Kelemahan Sponsorship

Kelemahan sponsorship adalah biaya lebih besar dan pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian pengunjung.

Baca Juga:

Target Tampilan Google Adwords | Target Audiens & Konten

Metode Pembayaran Google AdWords | Transfer, PayPal, Kredit

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

Related posts: