Makna Iman Kepada Kitab Allah | Pelajarindo.com

Posted on 30 views
No ratings yet.

Hallo sobat pelajarindo, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang makna iman kepada kitab Allah, Mengapa Iman kepada Kitab Allah itu Penting? Pengertian Iman kepada Kitab Allah, dan Cara Beriman kepada Kitab Allah secara lengkap.

Mengapa Iman kepada Kitab Allah Itu Penting?

Mengapa iman kepada Kitab Allah itu penting? Iman kepada kitab Allah merupakan suatu keharusan agar kitab petunjuk dari Allah SWT dapat membawa manfaat bagi diri kita.

Makna Iman Kepada Kitab Allah
Makna Iman Kepada Kitab Allah

Coba lihatlah di sekitar kita. Dalam tayangan televisi atau bahkan mungkin kita melihatnya langsung, perselisihan terjadi dalam masyarakat. Satu kelompok masyarakat berkelahi dengan kelompok masyarakat yang lain. Kejadian seperti ini hanyalah salah satu dari banyak sekali penyimpangan dalam masyarakat. Korupsi, pemerkosaan, penyelewengan jabatan, pencurian, mabuk-mabukan, dan masih banyak lagi kata yang dapat kita sebutkan. Semua penyimpangan tersebut berawal dari tidak adanya petunjuk hidup dalam jiwa pelakunya. Seandainya saja mereka memiliki petunjuk hidup tentu hal seperti itu tidak akan terjadi.

Disinilah pentingnya iman kepada kitab Allah SWT. Kitab tersebut memberikan petunjuk kepada setiap manusia. Akan tetapi, kitab yang telah Allah SWT turunkan seribu empat ratus tahun yang lalu tidak akan bermanfaat jika dalam hati kita tidak ada iman untuk menerima dan melaksanakan ajaran Allah SWT.

Baca Juga Artikel Berikut:

 

Pengertian Iman kepada Kitab Allah

Secara umum,  pengertian iman adalah percaya dan yakin dengan sepenuh hati. Keyakinan tersebut melekat sedemikian rupa sehingga mampu menggerakkan kita untuk berbuat sesuai keyakinan tersebut. Iman kepada kitab Allah SWT memiliki dua pengertian.

Pertama, pengertian kepada kitab Allah adalah keyakinan akan adanya kitab Allah SWT dan penerimaan atas kitab tersebut.

Kedua, pengertian kepada kitab Allah merupakan munculnya kesediaan dalam jiwa kita untuk melaksanakan ajaran, perintah, maupun larangan yang terdapat dalam kitab tersebut , baik dengan ucapan maupun tindakan.

Iman kepada kitab memiliki kedudukan penting dalam diri seorang mukmin, yaitu sebagai rukun iman ketiga. Hal ini berarti jika kita mengingkari keimanan kepada kitab, kita termasuk golongan orang yang kafir terhadap kitab Allah SWT. Oleh karena itu, untuk dapat memiliki keimanan yang benar, kita harus mengenal dan memahami kitab Allah SWT dengan baik.

Meski demikian, seperti kalian ketahui, terdapat empat kitab yang Allah SWT turunkan dan disebutkan dalam Al-Qur’an. Keempat kitab tersebut adalah Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an.

Cara Beriman kepada Kitab Allah

Keempat kitab tersebut di atas turun pada waktu yang tidak bersamaan. Masing-masing turun kepada nabi yang berbeda dan umat yang berbeda. Oleh karena itu, cara beriman kepada kitab-kitab tersebut tidaklah sama. Adapun cara beriman kepada Kitab Allah sebagai berikut.

Cara Beriman kepada Kitab Sebelum Al-Qur’an

Ada dua cara yang dapat kita lakukan dalam beriman kepada kitab sebelum Al-Qur’an.

  1. Meyakini bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab tersebut. Tentu saja saat kitab tersebut masih asli belum berubah dari ajaran tauhid kepada Allah SWT.
  2. Kita tidak wajib mengikuti apa yang terdapat dalam ajaran kitab-kitab tersebut. Hal ini karena kita adalah umat Muhammad SAW yang hanya berkewajiban taat pada apa yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Cara Beriman kepada Kitab Al-Qur’an

Kitab Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan Allah SWT untuk kita semua melalui Rasulullah SAW. Ada tiga cara beriman kepada kitab Al-Qur’an. Ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Meyakini bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah SWT yang terjamin kemurnian dan kebenarannya.
  2. Mempelajari kandungan Al-Qur’an. Ajaran Al-Qur’an tidak dapat kita ketahui kecuali kita mempelajarinya.
  3. Melaksanakan ajaran Allah SWT dalam Al-Qur’an secara konsekuen.

Demikian pembahasan  tentang Makna  Iman Kepada Kitab Allah, kami berharap agar teman-teman semua dapat memahaminya dengan baik. Jika ada yang kurang jelas kalian dapat meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung di pelajarindo.com.

Ayo baca artikel pelajaran tentang agama Islam terlengkap di sini:

Artikel tentang pelajaran Agama Islam Terlengkap

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *