HAL-HAL YANG DAPAT MERUSAK HARDDISK dan CARA MENGATASI

Posted on 25 views
No ratings yet.

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Harddisk – Bila tidak ada harddisk bisa bayangkan betapa banyak penyedia penyimpan data. Harddisk sangat penting untuk perangkat piranti computer. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai komponen harddisk dan fungsinya. Kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal yang dapat merusak harddisk.

PENGERTIAN DAN FUNGSI SIGNAL TRANSFER POINT | pelajarindo.com

harddisk
harddisk

Pengertian Harddisk

Pengertian Harddisk adalah piranti (alat Tambah) penyimpanan sekunder di mana data disimpan sebagai pulsa magnetic pada piringan mental yang berputar yang terintegrasi. Kegunaan utama harddisk adalah dapat menyimpan data dengan kapasitas besar. Kenapa harus ada harddisk? Hal ini dilatar belakangi karena program aplikasi tidak bisa beradi di dalam 1 disket dan membutuhkan penyimpanan lain.

1.      Tidak Pernah Melakukan Scandisk Pada Harddisk

Akibat Pada saat computer dihidupkan tiba-tiba computer merestart ulang dengan sendirinya, biasanya pada booting awal, computer akan melakukan scandisk pada harddisk untuk melakukan pengeceken jika ada kesalahan. Kemudian jangan tekan tombol exit walaupun proses akan berjalan lama karena mengakibatkan bad sector.
Solusi Perintah scandisk dapat di perbaiki file ataupun cluster yang dalam kondisi rusak ringan jika di aktifkan “automatically fix error” gunakan perintah scandisk.

2.      Tidak Pernah Melakukan Defragment Pada Harddisk

Akibat Saat harddisk digunakan dengan waktu yang lama maka harddisk akan terdefragmentasi sehingga akan mengakibatkan file yang di simpan berantakan dan acak. Kemudian harddisk akan lemot dan slow respon jika mencari file.
Solusi Perintah defrag dapat merapikan file-file yang berantakan. Sehingga perlu defrag harddisk untuk meningkatkan kerja hardisk.

3.      Sering Memformat Hardisk

Akibat Jangan sering memformat harddisk jika harddisk dalam kondisi baik. Karena bisa mengakibatkan bad error
Solusi Menggunakan format harddisk hanya saat keadaan computer bermasalah. Jika tidak jangan pernah menggunakan format harddisk.

4.      Membawa Harddisk tanpa Membawa Bantalan

Akibat Tekanan atau guncangan hardis bisa mengakibatkan kerusakan sector, dan bisa harddisk tidak bisa di deteksi oleh bios. Tekanan atau guncangan ini bisa mengakibatkan pergeseran posisi head ataupun platter yang berjarak seperkian mili dari poros As silindernya.
Solusi Gunakan bantalan harddisk untuk melindungi harddisk dan bisa menyelamatkan jika terjadi benturan keras. Jika dalam perjalanan jauh wajib sekali menggunakan bantalan ini.

Komponen-Komponen Komputer | Pelajarindo.com

5.      Tidak Menggunakan Stabilizer

Akibat Tegangan listrik yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen computer dan harddisk. Perangkat harddisk akan sangat terganggu jika tegangan listrik tidak setabil, terkadang tinggi dan kadang rendah. Jika di teruskan akan mengakibatkan bad sector.
Solusi Gunakan stabilizer sesuai dengan tegangan listrik. Stabilizer juga berguna untuk menunda waktu turun naiknya tegangan listrik.

6.      Panas Harddis Berlebihan

Akibat Panas harddisk berlebihan dapat mengganggu kinerja harddisk. Harddis akan bekerja 2x lipat dan bisa mengakibatkan kerusakan pada board sirkuit kemungkinannya adalah kebakar.
Solusi Perlu pendingin harddisk atau kipas khusus untuk harddisk yang di tempelkan pada board sirkuit dan dapat mengurangi panas.

7.      Sering Buka Tutup Casing Harddisk

Akibat Sering bongkar pasang harddisk dapat menggores platter.
Solusi Harus orang teknisi/ahli harddisk yang boleh membuka harddisk

Baca Juga:

Pengertian Sistem Komputer | Pelajarindo.com

Cara Menyembunyikan Folder di Komputer Tanpa Software | Pelajarindo.com

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – Pelajarindo

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *