Gaya Bahasa Dalam Novel, Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on

Gaya Bahasa Dalam Novel, Contohnya – novel adalah bentuk sastra cerita sebuah kisah seseorang. Novel adalah karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang disekitarnya serta menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Berikut ini pelajarindo akan membahas mengenai gaya baha novel. Lebih tepatnya analisis gaya Bahasa novel.

Gaya Bahasa Dalam Novel

Sastra merupakan bahasa yang luas, sastra mengandung banyak sekali gaya Bahasa. Setiap karya sastra memiliki aliran gaya Bahasa sendiri-sendiri. Gaya Bahasa di sebut ciri khas dalam karya sastra menulis. Jika anda seorang penulis pasti anda memiliki jurus ampuh mengenai gaya Bahasa yang anda terapkan. Gaya Bahasa dalam novel ada yang menggunakan gaya Bahasa yang lucu, ada juga yang perumpamaan.

Kalian dapat membaca juga pengertian gaya Bahasa, majas, dan contohnya di bawah ini adalah artikelnya:

Pengertian Gaya Bahasa, Majas, Jenis, dan Contoh – Pelajarindo.com

Gaya Bahasa dalam novel adalah majas yang di gunakan dalam penulisan novel. Gaya Bahasa dalam novel sangat memperngarui aliran apakah novel tersebut. Apakah bertipe jendre fantasy, romantic, comedy dan horror. Gaya Bahasa dalam novel sangat berpengaruh pada tokoh-tokohnya. Gaya Bahasa yang di gunakan pada setiap tokoh mencerminkan watak dan sifat dari masing-masing karakter tokoh.

Gaya Bahasa Dalam Novel – Pelajarindo.com

Pernah kah anda membaca novel yang romantic? Jenis novel ini banyak menggunakan majas perumpaamaan. Di dalam novel romantic mengisahkan dua sejoli yang jatuh cinta yang di bungkus dengan gaya Bahasa yang romantic.

Penulis novel yang terkenal pada kalangan ini adalah Raditya Dika. Selain standup comedy Raditya dika juga penulis novel. Banyak novel dia yang laris di pasaran, bahkan sampai di buat film. Jenis novel dia adalah comedy. Jika anda pernah membaca salah satu novel dia maka anda akan menemukan gaya bahasanya.

Contoh Gaya Bahasa dalam Novel

Di ambil contoh pada salah satu novel Raditya Dika, karena populer di semua kalangan. Dari judul saja sudah menarik perhatian pembaca. Novel raditya dika sangat unik dan tidak akan pernah di bena pembaca. Antara judul denga nisi novel sangat singkron. Dari sekian buku hampir semua sama, ber jendre comedy. Sehingga pembaca ikut merasakan betapa lucunya novel. Gaya Bahasa yang di gunakan adalah majas prtumpamaan, hiperbola, penegasan, dan tambahan-tambahan majas lain.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Kerjakan tugas mu dengan setia, Allah akan memberikan yang sempurna’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *