6 Fungsi Patung | Berdasarkan Perwujudannya

Posted on 293 views
No ratings yet.

Fungsi Patung – Patung adalah seni rupa 3 dimensi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian patung, selanjutnya kita akan membahas mengenai 6 fungsi patung, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Patung

Pengertian patung adalah cabang karya seni 3 dimensi, diciptakan dengan metode substraktif (mengurangi bahan, seperti memotong atau menata) atau adiktif (membentuk model terlebih dahulu seperti mengecor, dan mencetak). Additif digunakan dengan sebuah cipta kartya manusia yang meniru bentuk diartikan sebagai plastic art atau seni plastik. Patung bukan hanya bentuk manusia ataupun hewan namun sangat luas bisa benda. Patung bersifat 3 dimensi benda memiliki volume artinya bisa dilihat dari segala arah. Patung Asmat Papua sudah di kenal pada zaman dahulu termasuk patung primitive. Pada zaman hindu budha di jawa dan bali banyak sekali di temukan hasil seni patung terutama candi hindu budha yang bercorak tradisional.

Tema Seni Rupa Murni | Hubungan Antara Manusia dengan

6 Fungsi Patung

Dilihat dari perwujudannya ada 6 fungsi patung, berikut ini kita akan membahasnya:

1.      Patung Religi

Patung religi
Patung religi

Pada walnya patung di gunakan untuk estetika tujuan sarana beribadah dan bermakna religius. Zaman hindu budha patung hanya di buat untuk kepentingan keagamaan dan menghormati para leluhur. Ada juga patung di buat untuk mengenang orang-orang yang berjasa atau orang penting misalnya raja, atau pimpinan. Patung juga dianggap sebagai sejarah yang tinggi dan di anggap sebagai dewa. Yang patut di teladani dan dimoyang kan orang zaman dahulu adalah tentang kesolehan akan agama meraka. Bahkan meraka menjadikan patung sebagai pendekatan dirinya kepada Tuhannya seperti symbol Tuhan.

2.      Patung Monumen

Patung Monumen
Patung Monumen

Patung monument adalah patung yang di jadikan peringatan peristiwa atau kejadian yang bersejarah. Untuk menghormati atau mengenang jasa pahlawan yang besar kepada bangsa. Misalnya seperti patung monument Pancasila sakti.

3.      Patung Arsitektur

Patung Arsitektur
Patung Arsitektur

Patung arsitektur adalah patung bernilai estetika dan berfungsi dalam kontribusi bangunan.

4.      Patung Dekorasi

Patung Dekorasi
Patung Dekorasi

Patung dekorasi adalah patung untuk menghias taman atau lingkungan baik rumah, taman, atau sekolah.

5.      Patung Seni

Patung Seni
Patung Seni

Patung seni adalah patung karya seni murni untuk estetika yang hanya untuk di nikmati keindahannya tanpa ada fungsi lain.

6.      Patung Kerajinan

Patung Kerajinan
Patung Kerajinan

Patung kerajinan adalah hasil dari pengrajin yang di buat untuk konsumen.

Baca Juga:

Pengertian Seni Lukis | Aliran Gaya Lukisan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Milasari, Heru Subagio, Siti Masripah, dan Jelmanto

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Kesenian – Studi dan Pengajaran

Kelas               : 9

ISBN 978-602-1530-74-0 (jilid lengkap)

Beri nilai untuk artikel ini:

2 thoughts on “6 Fungsi Patung | Berdasarkan Perwujudannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *