Definisi Fotografi | Lengkap Dengan Pendapat Para Ahli

Posted on

Definisi Fotografi – Pada pembahasan kali ini Pelajarindo.com akan membahas tentang Definisi Fotografi beserta penjelasan lengkap dari para ahli.

Definisi Fotografi

Definisi Fotografi

Sebelum dibahas pengertian fotografi tentu ketika Anda mencari definisi fotografi, tentu jawabannya hampir sama semuanya yakni proses melukis dengan menggunakan media cahaya.

Kata Fotografi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata photography yang memiliki arti arti sebuah seni atau sebuah ilmu pengetahuan serta praktik menciptakan gambar dengan merekam cahaya atau merekam radiasi elektromagnetik lainnya, baik secara eletronik melalui sebuah sensor gambar atau secara kimia dengan menggunakan film fotografi. Kata Photography itu sendiri merupakan penggabungan dari dua kata dalam bahasa Yunani yakni Fos yang berarti cahaya dan Grafo yang berarti melukis. Jadi, jika digabungkan maka fotografi adalah proses melukis dengan menggunakan media cahaya.

Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi fotografi adalah suatu proses atau seni dalam penghasilan gambar dan cahaya pada film.

Secara umum, definisi fotografi adalah sebuah proses atau kegiatan yang menghasilkan suatu seni berupa gambar atau foto dengan memanfaatkan media cahaya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan kamera yang memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Selain itu, fotografi juga dapat diartikan sebagai suatu seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film.

Definisi Fotografi Menurut Para Ahli

Setelah anda mengetahui definisi fotografi di atas, anda juga perlu mengetahui beberapa pengertian fotografi menurut para ahli sebagai berikut.

  • Menurut Ansel Adams, fotografi merupakan sebuah seni yang Fotografi itu lebih dari sekedar sarana ide atau gagasan dalam komunikasi faktual. Selain itu dia juga mengatakan bahwa fotografi merupakan suatu media yang digunakan untuk berekspresi dan berkomunikasi yang kuat, yang dapat menawarkan berbagai interpretasi, persepsi dan eksekusi yang tidak terbatas.
  • Menurut Elliott Erwitt, fotografi merupakan suatu seni observasi. Hal ini berkaitan dalam menemukan suatu hal yang menyenangkan di tempat biasa saja sehingga dapat menjadi suatu yang indah.
  • Menurut Amir Hamzah Sulaeman, Fotografi itu berasal dari dua kata yaitu foto dan grafi, yang mana dari masing-masing kata tersebut memiliki arti. Kata foto itu sendiri artinya adalah cahaya dan kata grafi berarti menulis. Jadi, definisi fotografi adalah menulis dengan menggunakan bantuan cahaya, atau yang lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau lebih jelasnya diartikan dengan merekam gambar menggunakan media kamera dengan menggunakan bantuan cahaya.

Menghasilkan Foto Yang Bagus dalam Proses Fotografi

Setelah anda mengetahui pengertian fotografi diatas, hal yang paling penting yang harus anda ketahui dan anda kuasai adalah bagaimana cara mendalami bidang fotografi itu sendiri dan bagai mana menghasilkan foto yang bagus dalam proses fotografi.

Nah, untuk dapat menghasilkan sebuah karya fotografi yang menarik dan bagus terdapat beberapa faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam proses fotografi sebagai berikut.

  • Faktor pencahayaan, tanpa pencahayaan atau menggunakan cahaya yang baik maka akan terlalu sulit untuk dapat menghasilkan hasil fotografi yang bagus. Nah, untuk itu dibutuhkan faktor yang kedua.
  • Fotografer. Fotografer ini sangatlah penting, karena dengan adanya seorang fotografer maka proses fotografi akan dapat Di sini seorang fotografer akan dituntut kemampuan seni atau kreatifitasnya untuk dapat menghasilkan suatu foto yang menarik dan bagus.
  • Kamera. tanpa adanya kamera maka proses fotografi pun tidak akan dapat Kamera merupakan alat utama pada kegiatan fotografi.
  • Faktor Pendukung Faktor pendukung yang dimaksud adalah seperti tripod, lensa cadangan, reflektor, lampu pencahayaan atau flash dan lain sebagainya.

Setelah faktor-faktor di atas dapat dipenuhi, seorang fotografer lah yang nantinya akan menjadi faktor utama untuk penciptaan sebuah karya fotografi atau foto yang menarik dan bagus.

Sekian pembahasan Pelajarindo.com mengenai definisi fotografi beserta penjelasan lengkap dari para ahli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga:

Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli | Pelajarindo.com

Pengertian Cinta Lengkap | Special Edition – Pelajarindo.com

 

3 thoughts on “Definisi Fotografi | Lengkap Dengan Pendapat Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *