CARA BANK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN | Pembahasan Lengkap

Posted on 70 views
No ratings yet.

Cara Bank Mendapatkan Keuntungan – Masyaralat tidak akan terlepas dari transksi bank. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian saham dan peran lembaga keuangan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara bank mendapatkan keuntungan pembahasan lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Saham, Contoh, Jenis, Pentingnya saham | Pelajarindo.com

Cara Bank Mendapatkan Keuntungan

Fungsi bank adalah menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat kembali lagi kepada masyarakat. Sebagai Lembaga keuangan yang berorientasi bisnis, bank banyak melakukan kegiatan produk dan jasa. Secara sigkatnya kerja bank adalah membeli uang dengan cara menghimpun dana dari masyarakat luas yang kemudian menjual uang dari himpunan dengan menyalurkan kembali ke masyarakat.

Ada dua cara bank menapatkan keuntungan yaitu soread based income dan fee based income, simak penjelasannya:

1.      Spead Based Income

Spead based income adalah cara bank mendapatkan keuntungan dengan memperoleh keuntungan dari selisih antara bunga simpanan dengan bunga pinjaman/kredit. Dari kedua macam bunga tersebut adalah komponen utama factor biaya pendapatan bagi bank. Bunga simpanan adalah biaya dana yang harus di keluarkan kepada nasabah sedangkan bunga pinjaman merupakan pendapatan yang di terima dari nasabah. Sehingga, supaya memproleh keuntungan bank menetapkan bunga pinjaman lebih besar dibandingkan dengan bunga simpanan.

2.      Fee Based Income

Fee based income adalah keuntungan dari semua transaksi yang berhubungan dengan bank. Ada beberaoa keuntungan yang di peroleh bank dari berbagai transaksi misalnya:

·         Biaya Administrasi

Biaya administrasi dalah biaya yang di kenakan untuk jasa yang di perlukan pada saat transaksi khusu. Beban biaya akan di bebankan kepada yang melakukan transaksi tersebut. Contoh biaya administrasi adalah biaya administrasi kredit dan administrasi lainnya.

·         Biaya Kirim

Biaya kirim adalah keuntungan pada saat mengiriman uang atau transfer, baik transfer dalam negeri ataupun luar negeri semua akan di kenakan biaya.

·         Biaya tagihan

Biaya tagihan merupakan jasa penagihan dokumen milik nasabah misalnya jasa kliring dan jasa inkaso. Biaya ini dilakukan baik tagihan dokumen luar negeri ataupun dalam negeri/

·         Biaya Sewa

Biaya sewa adalah biaya yang di kenakan nasabah saat menggunakan jasa safe deposit box. Biasanya besarnya sewa tergantung dengan ukuran box dan jangka waktu yang di gunakan.

·         Biaya Iyuran

Biaya iyuran adalah biaya pelayanan bank card atau kredit, misalnya kepada siapa pemegang kartu di kenakan biaya iyuran. Biaya iyuran akan di kenakan satu bulan sekali.

Baca Juga:

Pengertian Supply Chain Management (SCM) Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Management Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Marketing dan Tugasnya | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “CARA BANK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN | Pembahasan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *