BATIK NUSA TENGGARA | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Posted on 9 views
No ratings yet.

Batik Nusa Tenggara – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai batik nusa tenggara mulai dari sejarah, motif, gambar dan penjelasanya. Sebelumnya kita sudah membahas batik bali dan batik indramayu.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, Tradisional, Modern

Sejarah Batik Nusa Tenggara

Batik merupakan kain khas Indonesia yang perlu di lestarikan. Nusa ternggara merupakan pulau yang berada kepulauan flores. Kain batik sudah mendunia dan diakui di berbagai negara untuk warisan kain khas Indonesia.

Batik yang di buat oleh masyarakat nusa tenggara terkenal dengan nama batik Sasambo. Nama tersebut dari tiga jenis etnis yang ada di nusa ternggara yaitu suku sasak (Lombok), Samawadi (Sumbawa) dan Mbojo (Bima).

Etnis dari ketiga tersebut memiliki ciri khas kain batik, kemudian di gabungkan menjadi kesatuan yang kuat dan unik. Motif Sasambo juga ada motif-motifnya yaitu motif batik uma lengge. Motif ini terinspirasi dari rumah adat tradisional nusa ternggara berbentuk kerucut.

Motif Batik Nusa Tenggara

Motif batik sasambo ada banyak sekali, kali ini kita akan membahas yang sering di gunakan oleh masyarakat Nusa tenggara.

Batik Sasambo

a)      Motif Batik Kangkung

Motif kangkung di ambil dari nama sayuran yaitu kangkung. Kain ini dengan corak daun-daun kangkung. Kangkung sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

b)      Motif Batik Kerang Mutiara

Batik ini adalah batik dengan keragaman binatang bawah laut misalnya kerrang, keong dan rumput laut. Kain dasar bisanya merah tua atau hijau tua dengan motif putih dan kuning emas.

BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

c)      Motif Batik Kepiting Laut

Batik kepiting laut adalah batik dengan motif kepiting laut. Menggambarkan keindahan bawah laut nusa tenggara. Kain yang di gunakan misalnya hijau tua atau merah tua dengan corak putih dan kuning emas.

d)      Motif Batik Lumbu

Motif batik lumbu adalah motif dengan budaya menyimpan padi di dalam lumbu. Rumah yang di gambarkan adalah lumbu-lumbu padi dengan orang-orangan di sampingnya. Warna dasar batik ini adalah hijau tua, biru tua atau merah tua dengan motif putih.

e)      Motif Batik Daun Sirih

Motif batik daun sirih adalah motif yang menggambarkan daun sirih. Daun sirih memiliki banyak kegunaan sebagai obat trasidional. Warna dasar pada kain ini pada umumnya coklat dengan daun warna biru atau hijau.

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *