BATIK INDRAMAYU | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Posted on 162 views
No ratings yet.

Batik Indramayu – Batik indramayu pada umumnya bermotif tumbuhan dan hewan. Akan jarang sekali di temukan motif kehidupan manusia. Itu lah yang membedakan batik indramayu dengan batik lainnya.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

Sejarah Batik Indramayu

Awalnya batik indramayu masuk ke dalam mayarakat indramayu sekitar abad 13-14 sebelum masehi. Batik ini masuk ke indramayu melalu pelabuhan yang terbesar di asia yaitu pelabuhan Cimanuk. Pada saat itu pelabuhan Cimanuk pusat transportasi perdagangan di Indonesia. Sehingga melalui perdaganganlah batik masuk ke Indramayu. Batik indramayu banyak terpengaruh dari berbagai negara misalnya cina, india, dan arab.

Motif yang paling banyak batik indramayu adalah motif tumbuhan dan hewan. Motif kedua ini sering di padukan dengan unsurunsur aksen tertentu sehingga menghasilkan batik khas indramayu. Jenis batik indramayu misalnya bermotif udang, ikan, daun, akar, dan burung-burungan.

Yang membedakan batik indramayu dengan batik lain adalah bentuknya yang tidak geometris atau tidak beraturan. Motif batik ini bisanya menggunakan Teknik tulis menggunakan canting. Akan sangat jarang jika menggunakan Teknik cap.

Berikut ini adalah beberapa motif di indramayu motif batik Kembang Srengenge (bunga Matahari), motif batik Jati Rombeng, motif batik Jahe Srimpang, motif batik Anggungan Manuk Tetingkring, motif batik Jarot asem, motif batik Teluki, motif batik Manuk Puyong, motif batik Pring Sedapur, motif batik Teratai, motif batik Pentil Kuista, motif batik Kembang Karang, motif batik Lasem Urang, motif batik Lokcan, motif batik Dara Kipu, motif batik Manuk Bengkuk dan lain-lain.

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Motif Batik Indramayu

Berikut ini adalah motif batik indramayu antara lain:

1.      Motif Batik Etong

Motif batik etong adalah motif yang menggambarkan satwa yang ada di laut misalnya udang, ikan, cumi dan kepiting.

2.      Motif Batik Kapal Terdampar

Motif batik kapal terdampar adalah motif yang menggambarkan kapal dengan ornament-ornamen tertentu sehingga terbentuk kapal nelayan yang indah.

3.      Motif Batik Ganggeng

Motif batik ganging adalah batik dengan motif jenis-jenis rumut laut sepanjang laut jawa. Batik ganggeng yang berwarna terang di pakai oleh wanita muda pada masa subur. Motif yang berwarna merah dan biru di pakai oleh wanita yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Motif batik berwarna merah ungu di gunakan oleh wanita yang sudah tua atau lanjut usia. Sedangkan motif yang berwarna witam di gunakan untuk menyelimuti mayat.

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

4.      Motif Batik Kembang Gunda

Motif batik kembang gunda adalah batik berupa taman yang berada di pesisir pantai utara jawa. Motif ini bisanya berbentuk tidak beraturan tapi sangat menggambarkan bunga-bunga dan tumput laut.

5.      Motif Batik Swastika

Motif batik swastika adalah motif batik yang berpengaruh oleh zaman penjajahan Jepang. Motif yang di gunakan sangat ciri khas symbol kekerasan jepang pada saat itu. Namun batik ini tetap di lestarikan sampai saat ini.

6.      Motif Batik Merak Ngibing

Motif batik merak ngibing adalah motif batik yang menunjukkan betapa indahnya burung merak. Bisanya batik ini di padukan dengan daun-daun yang menghiasi.

7.      Motif Batik Kerata Kencana

Motif batik kereta kencana adalah motif batik dengan kereta kencana raja wilarodra pada zaman dahulu. Kerata kencana berjalan menuju istana keraton lengkap dengan paying dan kipas.

8.      Motif Batik Jendral Pesta

Motif batik jendral pesta adalah motif batik yang terinspirasi dari serdadu yang banyak di temukan di indramayu pada zaman jajahan.

9.      Motif Batik Serempang Kandang

Motif batik serempang kendang adalah motif batik yang terinspirasi dari tumbuhan jahe. Jahe dapat di temukan di indramayu yang hidup secara bergerombol. Jahe dapat di jadikan obat dan penghangat bagi masyarakat indramayu.

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *