BATIK BENGKULU | Sejarah, Motif, Gambar dan Penjelasan

Posted on 337 views
No ratings yet.

Batik Jambi – Bengkulu di kenal dengan bunga raflesianya. Sehingga ada motif kain batik yang bermotif bunga raflesia. Kita sudah banyak belajar menenai batik mulai dari Teknik, cara membuat, jenis, motif, batik nusantara. Berikut linknya jika anda tertarik membahasnya.

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Sejarah Batik Bengkulu

Batik bengkulu biasanya di sebut dengan kain besurek. Asal usul batik Bengkulu berasal dari tanah jawa. Kalua di jawa kain batik sangat populer dari zaman dahulu. Para pedagang dan zaman jajahan dulu lah yang membawa kain batik hingga sampai ke Bengkulu. Namun masyarakat Bengkulu memodifikasi motif-motif sendiri yang sesuai dengan adat dan budaya mereka. Sehingga kain batik Bengkulu berkembang hingga saat ini di kota Bengkulu.

Pada abad ke 18 kain batik mesuk ke Bengkulu. Pada saat itu Pangeran Sentot Alibasyah dan keluarganya sedang pengasingan di daerah Bengkulu. Pengasingan tersebut dimanfaatkan untuk mengajarkan masyarakat Bengkulu membatik yang di sebut besurek yang mempunyai arti bersurat.

Namun ada yang berbeda, bukan berupa tulisan namun batik yang di ajarkan pangeran adalah kaligrafi berupa tulisan arab. Perbedaan batik Bengkulu dengan batik lain adalah bentuk motifnya, motif batik Bengkulu cenderung tulisan kaligrafi atau arab yang lengkap dengan hiasan-hiasan khas arab. Sedangkan batik-batik lainnya bermotif pemandangan, flora maupun fauna.

Kain batik Bengkulu sangat berkembang di era modern sekarang. Bayak motif-motif baru yang di ciptakan seiring dengan perkembangan zaman digital. Batik Bengkulu sekarang lebih bermain dengan warna yang cerah dan bermotif. Berikut ini adalah gambar contohnya:

MOTIF BATIK ACEH | Sejarah, Gambar dan Penjelasan – Pelajarindo.com

Motif Batik Bengkulu

Berikut ini adalah motif batik Bengkulu yang unik antara lain:

1.      Motif Batik Besurek

Motif Batik besurek adalah batik tradisional masyarakat Bengkulu dan yang paling populer. Motif yang di gunakan adalah motif kaligrafi atau tulisan arab. Budaya  islam sangat berpengaruh pada zaman dahulu masyarakat Bengkulu. Perpaduan motif batik besurek dengan motif raflesia, burung kuau dan kembang cengkeh memiliki nilai yang sangat tinggi dan apik.

2.      Motif Batik Kaganga

Pada setiap daerah pasti ada aksara-aksara sebagai Bahasa isyarat pada zaman dahulu. Di daerah Bengkulu juga ada aksara kaganga seperti yang ada di gambar. Aksara-aksara tersebut di padukan dengan bunga raflesia sangat indah dan elegan. Aksara tersebut di sebut dengan aksara suku renjang. Motif ini sangat populer di masyarakat Bengkulu. Sekolah, pegawai negri sipil, pelajar banyak yang menggunakan batik jenis motif ini.

MOTIF BATIK JAMBI | Sejarah, Penjelasan, Motif dan Gambar

3.      Motif Batik Berimis

Batik motif ini bermotif kulit remis dan burung wallet dan di padukan dengan susunan motif batik besurek. Batik ini sangat ciri khas Bengkulu yang berasal dari daerah Seluma. Yang membuat khas batik ini adalah cara menulis murni bukan di cetak. Bahan yang di gunakan juga bahan yang bagus misalnya kain sutra atau catton sehingga mempunyai jual tinggi dan tentu sangat nyaman.

4.      Motif Bunga Raflesia

Sudah di jelasakan diatas bahwa Bengkulu dikenal dengan bunga raflesianya. Sehingga bunga raflesia dapat di jadikan motif kain batik. Batik ini awal mulanya di gunakan oleh bangsawan saja namun saat ini banyak yang menggunakan batik ini sehingga semakin populer.

5.      Motif Kaligrafi

Motif ini sangat banyak sekali, huruf arab yang di gunakan juga beragam. Motif ini juga populer di Bengkulu sebagai pakaian sehari-hari. Kain batik ini melambangkan masyarakat Bengkulu.

6.      Motif Burung Kuau

Motif burung kuau bisanya di padukan dengan bunga raflesia seperti gambar diatas.

7.      Motif Relung Paku

Motif relung paku juga di padukan dengan bunga raflesia sehingga menjadi paduan yang bagus dan apik. Lihat pada gambar diatas.

Baca Juga:

Cara Menggambar Batik dengan Pensil- Pelajarindo.com

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *