10  ALAT MUSIK RITMIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Posted on 29 views
No ratings yet.

Alat musik ritmis– Tahukah Anda bahwa alat musik berdasarkan fungsinya terbagi  menjadi tiga bagian yaitu, alat musik melodis, ritmis, dan harmonis. Sebelumnya kita pernah membahas tentang alat musik harmonis dan alat musik melodi ,pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat musik harmonis. Alat musik melodis memiliki fungsi untuk memainkan melodi utama suatu lagu sedangkan alat musik ritmis, biasanya tidak memiliki tangga nada yang utuh maupun lengkap, karena berfungsi untuk pengatur tempo.

10  ALAT MUSIK RITMIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

4 ALAT MUSIK HARMONIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

ALAT MUSIK RITMIS

 

Alat musik ritmis, yaitu alat yang berfungsi untuk mengtur jalannya irama musik atau ritme lagu.Yang termasuk alat musik ritme lagu.yang termasuk alat musik ritmis adalah sebagai berikut.

1.Tamborin

Tamborin adalah alat musik alat musik jenis rebana,dengan atau tanpa hiasan kerincing logam di sekitar bingkai   atau kerangkanya.Tamborin di pakai pada orkes modrn atau dangdut.

tamborin
tamborin

2. Triangle

Triangle atau trikona adalah alat musik perkusi berbentuk lengkung segi dan terbuat dari baja.alat musik ini     dimainkan dengan pemukul kecil dari logam,bunyinya lembut dan tidak bernada.Namun ,dentingan nyaring   triangle sering terdengar dalam orkes maupun band.

triangle
triangle

3.Tabla

Tabla adalah alat musik india yang banyak dimainkan dalam berbagai kegiatan,misalnya sebagai pengiring   sitar.Alat musik ini semacam gendang yang dimainkan berpegang dengan ketinggian bunyi yang berbeda.

tabla
tabla

4. Simbal

Simbal menghasilkan gema benturan saat di pukul dengan stik dan dapat digunakan untuk menandai bagian     klimaks musik .simbal ini dipasang penyangga pada kedudukannya.

simbal
simbal

5. Bongo

Bongo,dipasang di gendang kecil dan pendek yang ditata beda tingginya dan dimainkan dengan tangan terbuka     Alat musik ini di kenal dalam musik rumba dari Amerika latin.

bongo
bongo

6. Drum set

Drum set adalah seperangkat alat musik perkusi ,khususnya jenis drum dan jumlah macam nya tidak tentu ,dan   dapat dimainkan oleh seorang pemain saja.pada susunan alat musik drum set yang sederhana terdiri atas snar   drum,tenor drum,bass drum,dan simbal.

drum set
drum set

7. Kastanyet

Kastanyet adalah lonceng kayu yang di pegang dengan tangan.

kastanyet
kastanyet

8. Kabassa

Kabassa adalah derik Amerika selatan yang manik-manik bajanya di untai bagian luarnya.

kabassa
kabassa

9. Marakas

marakas adalah sepasang derik Amerika Selatan yang biasanya dibuat dari labu berongga yang berisi biji-bijian   atau dari kayu berisi manik-manik .Alat musik ini biasanya di goyang dengan kedua tangan.

marakas
marakas

10. Pauken

pauken atau timpani ,yaitu alat musik perkusi sejenis drum atau genderang .Alat musik ini merupakan alat     musik simponi,biasanya terletak di belakang alat-alat musik lainnya .selain badannya yang besar,alat musik timpani  merupakan alat musik ritmis yang bernada atau dapat distem tinggi rendahnya.

pauken
pauken

Baca juga:

Cara Memainkan Angklung dengan Benar | Cara Umum & Khusus

6 JENIS LAGU NUSANTARA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

 

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

 

 

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “10  ALAT MUSIK RITMIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *