4 ALAT MUSIK HARMONIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Posted on

Alat musik harmonis– Tahukah Anda bahwa alat musik berdasarkan fungsinya terbagi  menjadi tiga bagiany a yaitu, alat musik melodis, ritmis, dan harmonis. Sebelumnya kita pernah membahas tentang alat musik melodis ,pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat musik harmonis. Alat musik melodis memiliki fungsi untuk memainkan melodi utama suatu lagu sedangkan alat musik ritmis, biasanya tidak memiliki tangga nada yang utuh maupun lengkap, karena berfungsi untuk pengatur tempo.Alat musik harmonis adalah suatu alat musik yang berfungsi untuk memainkan gabungan dari beberapa nada secara langsung.Berikut penjelasan mengenai alat musik harmonis yaitu sebagai berikut ,

9 ALAT MUSIK MELODIS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

ALAT MUSIK HARMONIS

Alat musik harmonis adalah alat musik  yang berfungsi sebagai gabungan dari beberapa nada yang dimainkan secara langsung atau pun dimainkan sekaligus.

Alat musik harmonis ,yaitu alat yang berfungsi mengiringi  perjalanan melodi lagu dengan menggunakan akor tertentu.Alat musik harmonis, antara lain sebagai berikut.

1.      Piano

piano
piano

Piano merupakan alat musik harmonis yang cara memainkan nya dengan cara di tekan.seorang pianis dapat memainkan musik yang bagus baik solo maupun dengan diiringi orkes .piano juga berperan penting bahkan mendominasi atau mengiringi alat musik lain dalam musik pop dan jazz. Piano terbaik adalah piano sayap (grand Piano),baik dalam bunyi maupun ukuran .Piano tegak lebih banyak digunakan karena hanya membutuhkan  tempat yang kecil dan harganya lebih murah.

2.      Keyboard

keyboard
keyboard

Musik keyboard jenis ogan yang perolehan nada dan warna bunyinya  merupakan hasil olahan secara elektronik.

3.      Elektron

elecon
elecon

Electron adalah alat musik keyboard yang nada-nadanya diperoleh dari tiupan udara ke dalam sejumlah pipa pada organ mekanis.Penaikan udara diatur oleh tenaga simpanan dengan perangkat sejenis engkol sehingga organ seakan-akan bunyi sendiri.pada organ elektrik ,prinsip dasarnya menyerupai organ asli,namun penyediaan udara dibuat dengan bantuan tenaga listrik.

Baca Juga:

PENGERTIAN TANGGA NADA | Diatonis, Pentatonis, Mayor, Minor

 

4.      Gitar

gitar1
gitar1

Gitar adalah alat musik petik yang sangat populer di masyarakat .Gitar umumnya berdawai enam dan berbahan dari kawat atau nilon .Gitar dengan jari-jari tangan atau dengan bantuan sebuah plektrum.Dalam kegiatan bermusik ,gitar berperan sebagai alat musik tunggal maupun pengiring musik atau lagu .jangkauan musik gitar cukup luas,lebih dari 3 oktaf,dimulainya dari nada E oktaf besar .Notasinya di tuliskan satu oktaf lebih tinggi dari bunyi sebenarnya. Gitar spanyol (klasik)didesain oleh tukang kayu dari spanyol Antonio de Torres Jurado dari abad ke -19 .Gitar yang dimainkan dalam musik pop biasanya memiliki plat jari pada badannya untuk melindungi gitar dari gesekan.

Baca juga:

PENGERTIAN SENI MUSIK | Unsur, Jenis, Fungsi

Pengertian Akor | Nama, Simbol, Fungsi, Gambar, Rumus

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Related posts: