Pengertian Stress | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Stress – suatu gangguan pikiran yang dialami individu biasnya berbentuk tekanan. Stress bermacam-macam mulai dari ringan sampai berat.

Pengertian Stress

Pengertian Stress – adalah gangguan yang dirasakan seseorang secara mental akibat adanya tekanan. Biasanya individu tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan yang dia inginkan. Tekanan yang dirasakan biasnaya bisa dari dalam diri sendiri serta ada juga dari luar misalnya lingkungan sekitar.

Pengertian Stress

Contoh Gambaran Stress

Sebagai contoh gambaran stress, memampuan mahasiswa untuk sidang akhir skripsi, sedangkan persiapan belum matang sehingga mahasiswa tersebut akan stress terkait sidang akhir skripsinya tersebut. Artinya mahasiswa ini terancam gagal utuk sidang skhir skripsi.

Contoh gambaran stress lainnya, Seorang siswa SMA tidak bisa mengikuti ujian di karenakan belum bayar SPP, siswa SMA tersebut akan mengalami stres, artinya siswa SMA tersebut gagal melakukan ujian.

Karyawan yang semakin stress akibat bos meminta dateline tentang tugas. Sedangkan karyawan tersebut tidak bisa menyelesaikan tepat waktu. Artinya karyawan tersebut gagal menjalankan tugas dari bosnya.

Penyebab Stress

Banyak sekali penyebab stress, kali ini menurut Brannon & Feist (2007) dan Myers (1996), ada 3 sumber stress yaitu:

1) Katastrofi adalah adalah kejadian yang terjadi secara tiba-tiba dan kejadian tersebut tidak dapat diprediksi, contohnya bencana alam gempa bumi, banjir, longsor dan perang.

2) Perubahan kehidupan seseorang dapat mengakibatkan terjadinya stres. Misalnya perceraian, kematian seseorang, dan PHK (kehilangan pekerjaan)

3) Kejadian sehari-hari dapat menimbulkan stres misalnya jadwal kerja yang sangat padat, kemudian macet, dan antrian panjang di kasir, loket, atau bank.

Penyebab Stres

Ada beberapa penyebab stress yang di alami individu. Penyebab stress biasnya di sebut stresor. Berikut ini adalah stresor penyebab stress:

1) Stresor kimia berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh. Misalnya stresor dari dalam tubuh gula darah, kolestrol naik dapat mengakibatkan stress. Sedangkan stresor dari luar tubuh contohnya obat, alkohol, gas beracun, insektisida, pencemaran lingkungan, nikotin, kafein, polusi udara, bahan-bahan kosmetika, bahan pengawet, pewarna, dan lain-lain.

2) Stresor biologik, stress diakibatkan oleh binatang, akibat bakteri, virus, hewan, tumbuhan. Contohnya tumbuhnya jerawat, demam, dan digigit binatang-binatang.

3) Stresor psikologik biasa disebut stresol sosial, yaitu rasa tidak puas terhadap diri sendiri, kekejaman, rendah diri, emosi yang negatif.

4) Stresor fisik perubahan geografi, iklim, suhu, cuaca, dan alam. Lingkangan luar sistem mengakibatkan stres. Misalnya anggota keluarga, nutrisi, Letak tempat tinggal, demografi, radiasi, kepadatan penduduk.

5) Stresor spiritual adalah adanya persepsi negatif terhadap nilai-nilai ketuhanan.

Baca Juga:

Pengertian Rokok dan Bahaya Merokok | Pelajarindo.com

Pengertian kepribadian | Pelajarindo.com

Pengertian Rindu | Pelajarindo.com

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres

Faktor yang mempengaruhi sangat banyak, menurut Atkinson & Hilgard (1996), tingkat stres tergantung pada sejumlah faktor. Faktor-faktornya yaitu:

1) Perasaan mampu.

2) Kontrol atas jangka waktu

3) Dukungan masyarakat

4) Kemampuan memperkirakan

5) Evaluasi kognitif. Dampak terhadap orang lain

Pengaruh Stress

dibawah ini ada banyak sekali pengaruh stress. Berikut ini adalah pengaruh stress pada umumnya:

– Orang stres merasa tertekan, mudah marah, dan kecemasan berlebih

– Sering tidaknya bertemu dengan stresorh

– Ketika seseorang stres, pikirannya jadi sulit konsentrasi dan sulit berpikir logis

– Pengalaman individu terhadap stresor

– Tingkat perkembangan psikologis individu yang mengalami stres

– Persepsi pemikiran individu terhadap penyebab stress

– Lamanya bertemu dengan stresor

– Ketika seseorang stres, perilakunya jadi lebih agresif, dan menjadi malas

– Tanda orang stres secara umum dipengaruhi pikiran, perilaku, perasaan, dan fisik.

– Orang yang stres dapat juga mengalami sakit, seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan lainnya.

Kunjung terus Pelajarindo.com banyak sekali artikel-artikel menarik, jangan lupa like dan komentar jika ada tanggapan. Terimakasih.