4 Dimensi CRM – Pelajarindo.com

Posted on 9 views
No ratings yet.

4 Dimensi CRM

Sebelum membahas 4 dimensi CRM alangkah baiknya anda mengetahui pengertian CRM, CRM menurut para ahli, berikut ini artikelnya:

Pengertian CRM Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Contoh CRM (Customer relationship Managemen) – Pelajarindo.com

Pengertian CRM (Customer Relationship Management) Menurut Para Ahli

Jika anda sudah paham apa yang di maksud CRM, anda bisa melanjutkan membaca artikel ini, semoga ada manfaat dan apa yang anda cari ada di sini.

Menurut  Swift (2001), Parvatiyar dan Sheth (2001), serta Kracklauer, Mills, dan Seifert (2004), 4 dimensi CRM yaitu :

1) Identifikasi konsumen (customer identification).

4 dimensi CRM yang pertama adalah identifikasi konsumen. Kita harus tahu segmen pasar, sebelumnya harus ada target-target pasar. Target pasar misalnya anak muda, sekolah, kampus, anak-anak, ibu rumah tangga dll. Mengidentifikasi 4 dimensi yang pertama ini mudah-mudah sulit. Mudah karena hanya menentukan kalangan apa yang henda di capai. Sulitnya jika salah mentargetkan tidak akan tercapai tujuan goal. Saya sarankan anda sangat cermat dalam identifikasi konsumen.

2) Membangun daya tarik terhadap konsumen (customer attraction).

4 dimensi ke dua ini adalah membangun daya Tarik terhadap konsumen. Dimensi CRM ini trik bagaimana menarik perhatian pelanggan misalkan memberikan discount, promo buy 1 get 1, potongan harga dan masih banyak lagi. Tetapi terlepas dari itu semua tentu pelayanan yang sangat memuaskan pelanggan yang melekat pada pelanggan. Usahakan pelayanan yang baik dan benar-benar ramah sangat di terapkan jika ingin hasil yang maksimal. Jika konsumen/pelanggan tertarik pada produk kita mereka akan menghasilkan 10 customer pendatang baru. Yah mereka akan merekomendasikan ke beberapa teman dekatnya agar membeli produk yang sama atau sejenis ke toko kita.

4 Dimensi CRM

3) Mempertahankan konsumen yang ada (customer retention).

4 dimensi CRM yang ke tiga adalah mempertahankan konsumen yang ada. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit dari pada menarik. Yah itu memang benar. Di bagian dimensi mempertahankan konsumen sangatlah berhati-hati. Seperti pada dimensi ke dua. Jika pelayanan atau produk tidak sesuai maka pelanggan enggan dating kembali ke toko kita. Usahakan harus mengerti apa yang di mau dengan pelanggan. Berikan alternative-alternatif lainnya agar mereka respek terhadap pelayanan yang di berikan. Dan yang paling penting adalah penerapan CRM, pelanggan memberikan timbal balik atas pelayanan yang di berikan, agar perusahaan dapat mengambil sebuah kebijakan.

4) Pengembangkan konsumen (customer development).

4 dimensi CRM yang ke empat adalah pengembangan konsumen. Melebarkan sayap untuk mendapatkan konsumen lebih banyak. Sehingga pendapat perusahaan semakin bertambah. Dalam pengembangan konsumen jangan lupakan konsumen lama/tetap. Yang paling penting mempertahankan konsumen. Tetapi beriringan selalu mencari konsumen baru. Mencari konsumen baru banyak cara misalnya mengadakan bazar atau pameran di berbagai acara. Selain berjualan/menawarkan produk kita dapat memperkenalkan produk-produk.

Terima kasih sudah berkunjung ke artikel kami. Klik iklan salah satu yang ada di halaman. Sebagi bentuk timbal balik dari anda. 1 klik anda sangat bermakna bagi kami.

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “4 Dimensi CRM – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *