Pengertian Struktur Organisasi | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Struktur Organisasi – struktur organisasi biasnya di kaitkan dengan posisi karyawan dalam sebuah organisasi. Terdapat bagan yang menjelaskan struktur organisasi beserta jabatannya.

Pengertian Struktur Organisasi

Pengertian Struktur organisasi merupakan susunan unit-unit kerja atau komponen-komponen kerja di dalam suatu organisasi. Struktur organisasi menunjukan adanya pembagian kerja dan fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. Selain itu, struktur organisasi juga dapat menunjukkan tentang saluran perintah, spesialisasi dari suatu pekerjaan, maupun dalam penyampaian laporan.

Secara umum, pengertian struktur organisasi diartikan sebagai susunan dan hubungan antar setiap bagian yang ada pada sebuah organisasi ataupun perusahaan. Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan agar dapat tercapainya tujuan perusahaan. Dengan struktur organisasi maka akan dapat menggambarkan secara jelas kegiatan dari setiap pekerjaan antara kegiatan yang satu dengan kegiatan yang lainnya.

Pengertian Struktur organisasi yang baik, harus bisa menjelaskan hubungan antara wewenang siapa yang harus melapor atau harus bertanggung jawab kepada siapa, sehingga terdapat suatu pertanggungjawaban terhadap apa yang akan dikerjakan.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu susunan atau hubungan antara komponen-komponen bagian dan posisi dalam organisasi, yang mana komponen-komponen yang terdapat di dalam organisasi mempunyai saling ketergantungan.

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun fungsi struktur organisasi dalam sebuah lembaga, organisasi ataupun perusahaan, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fungsi struktur organisasi.

1) Kejelasan Tanggung Jawab

Adapun kejelasan tanggung jawab yang dimaksut adalah akan menjalankan bisnis tentu ada beberapa anggota didalamnya, di setiap anggota akan di berikan tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Misalnya di bagian seksi komsumsi menangani komsumsi dari makanan hingga minuman, sehingga dengan adanya struktur orgasisi berfungsi sebagai kejelasan tanggung jawab.

2) Kejelasan Kedudukan

Adanya kedudukan dalam organisai, dari mulai low, midle dan top. Biasanya kedudukan bisa mempengaruhi struktur organisasi. Didalam bagan organisasi nanti akan di letakkan berdasarkan kedudukan.

3) Kejelasan mengenai jalur hubungan

Kejelsan mengenai hubungan maksudnya hubungan antar devisi-devisi yang nantinya akan bekerjasama untuk tujuan atau goal yang sudah di tentukan.

4) Kejelasan uraian tugas

Setulnya kejelsan tugas hampir sama dengan kejelasan tanggung jawab. Dengan adanya struktur organisasi dapat di ketahui tugas dari masing-masing devisi.

Baca Juga:

Pengertian Visi dan Misi | Pelajarindo.com

Bidang-Bidang Akuntansi | Pelajarindo.com

Pengertian Akuntansi | Pelajarindo.com

Jenis Struktur Organisasi

Ada beberapa jenis struktur organisasi, berikut ini ada beberapa jenis struktur organiasi:

1) Informal Structure meruakan hubungan yang bersifat bayangan, bisa di sebut tidak resmi, terdapat hubungan kerja antar anggota organisasi yang dapat dilakukan secara langsung tanpa keadaan

Keuntunganya:

– Membantu orang menyelesaikan pekerjaan mereka

– Mendapatkan akses ke jaringan interpersonal

– Mengatasi batas-batas struktur formal

– Dapat pelajaran informal

Kerugiannya informal strukture adalah akan terjadi over-laping yaitu jika salah satu dari anggota organisasi tersebut tidak bisa menempatkan tugas dan tanggung jawabnya dengan semestinya seperti:

– Kerentanan terhadap rumor/issue

– Merasa tersaingi jika ada orang luar yang masuk dalam organisasi tersebut.

– Akan ada banyak pengalihan upaya kerja dari tujuan yang penting

– Informasi yang kurang akurat

– Susah jika nantinya diajak untuk berubah

2) Formal Stucture merupakan struktur dalam bentuk gambar biasanya secara formal dan di perusahaan atau organisasi yang besar.

Keunggulanya adalah:

– Saluran komunikasi

– Pengawas hubungan

– Pembagian kerja

Kelemahanya formal stukture adalah semua harus diatur sesuai dengan struktur, dan biasanya jika diorganisasi yang berkembang semakin besar maka akan banyak kendala birokrasi didalamnya.

3) Functional Structure merupakan komunitas yang memiliki hobi atau tujuan yang sama, biasnya tidak mementingkan organisasi, hanya ada ketua wakil dan bendahara serta sekertaris

keunggulan:

– Berkualitas tinggi pemecahan masalah teknis

– Mendalam pelatihan dan pengembangan keterampilan

– Tugas sesuai dengan keahlian

Kelemahannya:

– Menumbuhkan perspektif fungsional yang Terlalu banyak rujukan untuk membuat keputusan

– Tempatnya cerobong asap masalah, dan tidak langsung ke akar permasalahan

– Kurang memperhatikan aspek strategis jangka panjang

– Kurang rasa kebersamaan dalam meraih tujuan bersama

Nah itu Pengertian Struktur Organisasi, Fungsi Dan Jenis-Jenis  Struktur Organisasi| Pelajarindo.com. Kunjungi juga Pelajarindo.com di sana banyak sekali artikel-artikel yang tentunya menerik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *