Pengertian Sistem Komputer | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Sistem Komputer – membahas sistem komputer sangat banyak sekali. 3 komponen yang terlibat adalah hardware, software dan brainware. Jika dari satu tersebut tidak ada, maka tidak akan disebut sistem komputer.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah kumpulan dari berbagai komponen yang akan menjadi suatu sistem dan akan menjadi seperangkat sistem komputer. Komponen tersebut adalah komponen utama yang harus dimiliki dalam sistem komputer. Pengertian sistem komputer dapat diartikan sebagai bahan utama untuk mengoprasikan komputer.

Berikut ini penjelasan dan contoh dari komponen-komponen sistem komputer. Sering sekali kita hanya pakai saja tetapi tidak tahu satupersatu nama dan fungsi komponen yang ada. Sudah seharusnya kita belajar untuk mengetahui nama-nama dan fungsi dari perangkat ya kawan.

Sistem Komputer

Dari gambar diatas menjelaskan bahwa sistem komputer terdiri beberapa komponen-komponen yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan pengguna (brainware). Dari ketiga komponen tersebut saling terhubung sama lain dan saling berkomunikasi serta membutuhkan satu sama lain. Yang merujuk satu titik yaitu sistem komputer. untuk brainware atau pengguna itu sangat butuh pemikiran untuk pengoprasian.

Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau yang biasanya di sebut pernagkat keras adalah perangkat sebagai fasilitas dan alat dalam sistem komputer dalam PC (personal computer). Hard terdiri dari berbagai komponen juga, contoh perangkat keras (hardware) yaitu CPU (central processing unit), input device, dan output device.

1) CPU (central processing unit) perangkat keras ini adalah otak dari komputer. Tanpa CPU tidak akan jalan sistem komputer. CPU bertugas sebagi kontrol perintah apapun itu.

2) Memory perangkat ini bertugas sebagai penyimpanan. Memori memiliki 2 bagian yaitu internal storage (primary storage) dan external storage (secondary storage).

3) Dua jenis memori berdasarkan penyimpanan. Memori Volatile yaitu menyimpan pada saat komputer hidup dan non volatile menyimpan permanen, pada saat komputer mati data masih tetap ada.

4) Input device adalah perangkat masukan. Perangkat masukkan biasanya suatu perintah. Contoh inputnya berupa flasdisk, dan keyboard.

5) Output device adalah perangkat keluaran. Guna mendapatkan hasil dalam proses inputan device. Contoh output adalah printer dan monitor.

Baca juga:

Komponen-Komponen Komputer | Pelajarindo.com

How to Get to the Top of Google Search [100% Works]

Perangkat Lunak (software)

Tanpa software perangkat komputer tidak akan berjalan. Software bertugas mengontrol seluruh jalannya perangkat keras. Berikut ini contoh perangkat lunak (software):

1) Sistem Operasi biasanya disebut (OS) adalah sebuah perangkat lunak komputer yang berfungsi melakukan pekontrolan dan memenejemen perangkat keras (hardware) dan juga operasi-operasi dasar sistem. Termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program tertentu. Contohnya windows XP, windows 7, linux, mac OS dan lain-lain.

2) Program Aplikasi adalah aplikasi yang di gunakan untuk pengoprasiannya. Misalnya java scrip, flash, photoshop dan lain-lain.

3) Driver hardware biasanya disebut drive adalah membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Tanpa driver perangkat hardware tidak akan berkomunikasi dengan PC.

Brainware (manusia)

Brainware atau bisa kita sebut adalah pengguna yaitu yang mengoprasikan sistem komputer tersebut. Seseorang yang menjalankan komputer itu yang di sebut dengan brainware (manusia).

Banyak sekali manfaat belajar sistem komputer, yang biasanya kita hanya bisa pakai tetapi tidak tahu namanya. Anda sudah tahu setiap komponen-komponennya? Kunjungi terus pelajarindo.com banyak sekali ilmu yang sangat kita butuhkan. Mari kita belajar bersama.

Jangan lupa like dan share. Jika ada pertanyaan silahkan komen dengan akun anda di bawah ini. Insyaallah admin akan jawab dengan sepengetahuan admin. Terima kasih.

2 thoughts on “Pengertian Sistem Komputer | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *