Pengertian Seni dan Jenis-Jenis Seni | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Seni – seni merupakan keindahan yang bisa di rasakan dalam kasat mata dan dapat di rasakan dengan naluri atau pendengaran. Dan seni adalah keindahan.

Pengertian Seni

Pengertian seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia ataupun alam yang didalamnya mengandung unsur-unsur keindahan serta mampu mambangkitkan perasaan. Seni juga berasal dari kata sansekerta yang berarti pemujaan atau bisa juga persembahan dan erat dalam upacara keagamaan.

Pengertian Seni

Fungsi Seni

Berikut ini adalah fungsi seni terbagi menjadi 2, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial:

1) Fungsi Individu

Fungsi individu adalah fungsi seni yang diciptakan bermanfaat untuk pribadi manusia-manusia itu sendiri. Dibahwah ini ada 2 macam fungsi individu yaitu sebagai beriku tantara lain:

– Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Manusia merupakan individu yang homofaber yang memiliki apresiasi pada keindahan dalam pemakaian benda-benda. Seni ini terarah kepada pemuasan fisik sehingga kenyamanan hal yang sangat penting. Barang atau seni yang di buat biasnya berupa hiasan yang individu itu sendiri yang menggunakannya.

– Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Manusia makhluk hidup mempunyai sifat dan perasa yang beragam. Contoh perasaan sedih, lelah, letih, gembira, iba, kasihan, benci, cdan lain lain. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional ini berupa sifat diri manuasia intu sendiri yang akan di turutinya. Misalnya membeli barang-baang yang merasa bagus dan unik yang akan di komsumsi sendiri

2) Fungsi Sosial

Fungsi sosial adalah fungsi seni yang sangat bermanfaat untuk khalayak dan memenuhi kebutuhan sosial suatu individu. Fungsi ini di buat untuk memenuhi kebutuhan khalayak ramai. Berikut ini ada beberapa fungsi sosial yaitu:

– Fungsi Religi/Keagamaan

Karya seni yang religi ini biasa di sebut keagamaan. Misalnya kaligrafi, baju-baju muslim, jilbab, kopyah dan lagu-lagu rohani. Seni juga dapat di gunakan untuk upacara pernikahan, pengajian, kelahiran, dan kematian. Contoh lainnya adalah gamelan yang digunakan dalam upcara ngaben di bali (gamelan gambang, luwang, dan angklung).

– Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan sebagai media kesenian yang terlihat dari musik misalnya angklung, piano dan musik-musik ansambel. Gamelan memiliki nilai pendidikan karena didalamnya terdapat kerjasama yang baik. Gamelan di mainkan 5 orang atau lebih sehingga ada hamoni didalamnya. Karya-karya seni lainnya untuk pelajaran seperti gambar ilustrasi buku pelajaran, poster, alat peraga IPA, dan film dokumentar.

– Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi sebagai media komunikasi misalnya kebijakan, gagasan, kritik sosial, berfungsi memperkenalkan kepada masyarakat. Misalnya pegelaran wayang.

– Fungsi Rekreasi/Hiburan

Kebanyakan fungsi utama seni sebagai hiburan melepas kejenuhan rasa penat dan mengurangi kesedihan khusus untuk pertunjukan hiburan.

– Fungsi Artistik

Fungsi artistik juga berfungsi sebagai media ekspresi bagi seniman dengan bentuk penyajian karya tidak untuk hal yang komersil, seperti musik-musik kontemporer, tari-tari kontemporer, dan seni rupa yang kontemporer.

– Fungsi Guna

Fungsi guna berfungsi tanpa memperhitungkan kegunaannya, misalnya sebagai media ekspresi (karya seni murni). Proses penciptaan dapat mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti perlengkapan atau peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah atau tanah dan rotan.

– Fungsi Kesehatan

Fungsi seni juga sebgai kesehatan, misalnya pengobatan-pengobatan menggunakan physic dan medis distimulasi terapi melalui musik. Dan sangat terbukti bahwa musik bisa menyembuhkan penyakit tertentu dengan gaya tertentu kemudian mediasi tertentu. Musik klasik menghasilkan gelombang alfa dapat menenangkan pikiran cara kerjanya merangsang sistem jaringan neuron otak dan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.

Baca Juga:

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Definisi Fotografi | Lengkap Dengan Pendapat Para Ahli

Macam-Macam Seni

Banyak sekali macam-macam seni yang ada. Pada umumnya 5 macam-macam seni cabang antara lain sebagai berikut:

1) Seni Rupa adalah salah satu cabang kesenian, yang memiliki wujud pasti serta memanfaatkan unsur rupa ke dalam bentuk grafis, kerajinan tangan, kriya,gambar, lukis, patung, dan multimedia.

Seni Rupa

2) Seni Teater dasarnya mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan membuat naskah, bukan hanya naskah, ada pula peran didalamnya. Orang-orang seperti ini biasanya orang-orang yang ahli dalam beraxting.

Seni Teater

3) Seni Musik merupakan unsur-unsur bunyi adalah komponen utama dari seni musik. Unsur lain biasanya bentuk melodi, harmoni, dan notasi-notasi musik merupakan wujud sarana harmonisasi.

Seni Musik

4) Seni Tari identik dengan gerak tubuh sebagai keindahannya. Gerak ini berfungsi sebagai media mengkomunikasikan sesuatu dari koreogragfer. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.

Seni Tari

5) Seni Sastra merupakan hasil kreasi manusia yang dapat dinikmat segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Seni sastra ini  menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata per kalimat, baik itu dituliskan ataupun audio. Contoh seni sastra adalah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

Seni Sastra

Banyak sekali seniman-seniman Indonesia yang tentunya menarik untuk kita bahas. Demikian kita sudah belajar pengertian seni, macam-macam seni, dan fungsi seni. Kunjungi terus Pelajarindo.com. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *