Pengertian Seminar | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian seminar – seminar biasnya untuk membahas tentang sesuatu masalah. Terdapat narasumber atau seseorang yang ahli pada bidangnya. Pelajarindo.com akan membahas tentang pengertian seminar, syarat seminar, susuna acara, fungsi seminar, pihak yang eterlibat dalam seminar, dan contoh seminar.

Pengertian Seminar

Pengertian Seminar adalah sebuah pertemuan yang di lakukan sekelompok orang yang membahas suatu masalah dan memberikan solusi yang ilmiah. Seminar juga biasanya membahas tentang makalah atau kertas kerja. Didalam seminar, biasanya mendatangkan beberapa pembicara yang berkaitan dengan seminar

Pengertian seminar umumnya seminar diadakan bukan hanya untuk menetapkan keputusan masalah yang dibicarakan. Tapi seminar juga biasanya diadakan untuk psembahasan masalah secara menyeluruh dan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pengertian Seminar

Tugas moderator adalah memandu acara dari awal hingga selesai. Moderator berhak menentukan jalannya acara, dan semua bergantung pada moderator. Sedangkan narasumber memberikan materi kepada audien. Narasumber akan di persilahkan menyampaikan materinya pada saat waktu tertentu.

Syarat Seminar

Mengadakan seminar akan lebih baik jika memenuhi persyaratan agar pada saat pelaksaan seminar tidak terjadi kesalahan, adapun syaratnya adalah:

– Anggota atau peserta seminar dapat berfikir logis dalam mengani cara pemecahan masalah.

– Pemateri sudah tahu permasalahan yang akan di sampaikan.

– Menentukan waktu.

– Masalah sudah di rumuskan.

– Permasalahan dapat dipecahkan secara sistematis dan ilmiah.

Susunan Acara Seminar

Berikut ini adalah susunan acara seminar pada umumnya. Sebagai penyusunan acara adalah ketua pelaksana dan seksi-seksinya. Adapun susunan acara seminar yaitu:

– Laporan ketua Pelaksana

– Penyajian ketua

– Pembahasan oleh pembicara

– Diskusi atau tanya jawab

– Kesimpulan

– Penutupan

Fungsi Seminar

Dibawah ini adalah fungsi seminar di adakan. Pada umumnya seminar di adakan karena dibawah ini:

1) Membahas tentang suatu topik tertentu dan memcahkan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu pemateri.

2) Menyampaikan gagasan ataupun sesuatu yang baru kepada para peserta seminar. Berharap para peserta dapat memperoleh ilmu dan nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga:

Pengertian Website | Pelajarindo.com

Pengertian Rokok dan Bahaya Merokok | Pelajarindo.com

Pengertian Seni dan Jenis-Jenis Seni | Pelajarindo.com

Pihak yang terlibat dalam Seminar

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam seminar pada umumnya, berikut pihak yang terkait:

1) Pembawa acara

Pembawa acara tidak wajib seminar, pambawa acara bertugas sebagai membuka seminar, mengenalkan pemateri, pembahas, memperkenalkan moderator dan notulen, pembawa acara bertugas juga menutup seminar.

2) Moderator

Moderator adalah seseorang yang mengkontrol jalannya seminar. Sesudah pembawa acara menyerahkan acaranya kepada moderator. Moderator biasanya sudah mengetahui rangkaian acaranya.

3) Pemateri atau pembahasan

Penyaji bisa juga di sebut pemateri, biasanya di datangkan sengaja untuk memberikan arahan tentang seminar yang berlangsung. Penyaji atau pemateri adalah seseorang yang benar-benar ahli didalam bidangnya. Biasanya sebelum seminar di susun menentukan pemeteri terlebih dahulu.

4) Audience

Audience atau peserta dalam sebuah seminar biasanya terbatas, namun Audience merupakan salah satu pihak yang di wajibkan ada didalam seminar. Audience biasanya sebagai pendengar dan memberikan featback terhadap apa di sampaikan oleh penyaji atau pemateri.

5) Notulen

Notulen adalah orang bertugas mencatat dan menulis hal penting dalam aktivitas seminar. Hasil rangkuman yang ditulis oleh notulen akan digunakan oleh moderator membuat sebuah kesimpulan seminar.

Contoh Seminar

Berikut ini adalah contoh seminar ada banyak sekali diadakan, misalnya:

– Seminar menulis

– Seminar prakarya

– Seminar narkoba

– Seminar pendidikan

– Seminar usaha

– Seminar bisnis

Anda tertarik mendirikan seminar? Semoga bermanfaat artikel ini untuk semua oorang yang membaca. Kunjungi terus Pelajarindo.com banyak sekali artikel menarik.

One thought on “Pengertian Seminar | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *