Pengertian Epidemiologi | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Epidemiologi – Pada pembahasan kali ini pelajarindo.com akan membahas pengertian epidemiologi. Anda pernah mendengar kata epidemiologi? Simak pembahasan di bawah ini secara seksama.

Pengertian Epidemiologi

Pengertian epidemiologi adalah adalah ilmu atau bisa juga di bilang risert yang mempelajari siklus kesehatan dan juga penyakit serta fakor-faktor yang dapat berpengaruh terkait  tingkat populasi. Pengertian epidemiologi adalah  pemodel penelitian khusus kesehatan masyarakat (populasi), pada penelitian ini epidemiologi membantu menyebarkan informasi terkait kesehatan berbasis eveidence based medicine. Eveidence based medicine adalah pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat menjadi risiko penyakit dan dapat memberikan solusi berupa pendekatan penanganan  yang harus dilakukan secara khusus secara optimal.

pengertian epidemiologi

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian epidemiologi menurut para ahli, berikut penjelasannya secara masing-masing pendapat tersebut:

Menurut Center Of Disease Control (Cdc) tahun 2002, epidemiologi adalah salah satu studi yang didalamnya mempelajari penyebaran penyakit dan determinan penyakit di masyarakat keadaan kesehatan pada masyarakat serta penerapannya sebagai solusi pengendalian penanganan masalah kesehatan.  Epidemiologi bisa juga di sebut Riset.

Menurut Leedy (1974), beliau menyatakan bahwa pengertian epidemiologi adalah pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap.

Tujuan Epidemiologi

Berikut ini adalah tujuan epidemiologi yang berhubungan dengan penyakit dan solusinya:

1) Pada saat masyarakat keracunan masal, dengan menerapkan ilmu epidemiologi dapat di selidiki penyebab keracunan tersebut.

2) Untuk mencari tahu hubungan antara karsinoma paru-paru dan asbes, merokok dan penyakit jantung dan hubungan penyakit dan masalah-masalah kesehatan lainnya

3) Menentukan apakah hipotesis awal percobaan hewan tetap konsisten dengan data-data epidemiologis

4) Memperoleh informasi dan pengetahuan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan, penanggualangan masalah kesehatan, dan menentukan prioritas keseahatan masyarakat

Manfaat Epidemiologi

Jika menerapkan dengan benar mengenai epiodemiologi maka akan banyak sekali manfaat yang dapat membantu kehidupan manusia. Berikut ini adalah manfaat epiodemiologi:

1) Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.

Dapat membantu pekerjaan Perencanaan Planning pelayanan kesehatan, pengawasan Monitoring dan Penilaian Evaluation dalam upaya kesehatan. Data yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah upaya dilakukan telah sesuai dengan rencana. Pada administrasi kesehatan dapat melihat biaya dan jenis penyakit yang di derita pasian. Selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh sang ahli.

2) Dapat meneliti Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.

Dengan epidemiologi di dalam kesehatan dapat diketahui penyebab masalah kesehatan, sehingga dapat disusun langkah-langkah untuk menanggulangi masalah tersebut. Banyak sekali penyakit yang sangat sulit di identifikasi dan memerlukan ahli yang sangat mampu di bidang tersebut.

3) Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.

Penyekit merupakan masalah kesehatan yang paling sering. Adanya ini dapat dijelaskan Riwayat Alamiah Perkembangan Penyakit Natural History of Disease. Dapat melihat perubahan yang di alami pasien, dengan adanya epidemiologi sangat mudah mengetahui perkembangan pasien.

4) Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.

Mempelajari mengenai frekwensi dan penyebaran permasalah kesehatan, sehingga akan memperoleh penjelasan tentang keadaan masalah kesehatan. Jika kurang mengerti tentang suatu penyakit dapat memenfaatkan teknologi epidemiologi yang dapat menjadi panduan.

Peranan Epidemiologi

Epidemiologi mempunyai perananan dalam bidang kesehatan yang cukup besar.berikut ini adalah peranan epidemiologi:

1) Sangat mengadakan anlisis penelitian jalannya penyakit masyarakat dan perubahan yang mungkin

2) Mendeskripsikan dan menjelaskan pola penyakit pada masyarakat.

3) Mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan dinamika penududuk dan penyebaran penyakit.

Baca Juga :

Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR yang Benar | Pelajarindo.com

Semoga ilmunya bermanfaat mengenai Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan Epidemiologi, Sejarah, Manfaat, Epidemiologi Perananan Bidang Kesehatan Mengapa Petugas Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi, kunjungi juga Pelajarindo.com disana banyak sekali artikel-artikel menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *