Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR yang Benar | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian CPR – CPR adalah singkatan dari Cardiopulmonary Resusication. Pada kesempatan kali ini Pelajarindo.com akan membahas mengenai Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR yang Benar secara detail dan lengkap.

Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR

Pengertian CPR (Cardiopulmonary Resusication)

Pengertian CPR (Cardiopulmonary Resusication) adalah suatu usaha dalam mengembalikan fungsi pernafasan serta sirkulasi pada saat seseorang yang mengalami kegagalan total secara tiba-tiba akibat terhentinya fungsi dan denyut jantung.

Nah, adapun kegunaan atau fungsi CPR (Cardiopulmonary Resusication) adalah untuk menjaga darah beroksigen yang mengalir ke otak dan organ penting lainnya hingga mendapatkan penanganan medis secara lebih lanjut untuk mengembalikan irama jantung agar kembali normal. Ketika jantung berhenti, tentu terjadi kekurangan oksigen dalam darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak hanya dalam waktu beberapa menit saja. Bahkan, orang yang mengalami tersebut dapat meninggal dalam kurun waktu 8 hingga 10 menit saja.

Cara Melakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication)

Adapun cara melakukan CPR (cardiopulmonary Resusication) yang benar adalah kalian harus melakukan beberapa hal yang harus kalian periksa terlebih dahulu diantaranya yaitu:

Pastikan apakah orang tersebut dalam keadaan sadar atau tidak sadar?

Jika orang tersebut dalam keadaan tidak sadar, coba Kalian tepuk atau guncanglah bahunya dan tanyalah dengan keras, contoh: ”Apakah Kalian Baik-Baik Saja / Apakah Kalian OK? “

Jika orang tersebut tidak merespon atau menjawab pertanyaan kalian, maka haru terdapat dua orang yang tersedia, yang mana salah satu dari kalian harus menghubungi nomor darurat local atau misalkan 911 dan satu Kalian harus memulai melakukan CPR. Akan tetapi, jika Kalian sendirian dan Kalian mempunyai akses langsung ke telepon maka langsung saja Kalian telepon 911 sebelum melakukan CPR.

Baca juga:

Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility) Lengkap dengan Pembahasannya | Pelajarindo.com

Cara Menyembunyikan Folder di Komputer Tanpa Software | Pelajarindo.com

Lalu Bagaimana Cara Melakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication)?

Setelah Kalian melakukan poin di atas, kalian harus mengingat kata “Circulation/Sirkulasi – Airway/Jalur napas – Breathing/Pernapasan” atau jika disingkat singkat dapat kita eja dengan C – A – B. Nah, untuk langkah-langkah cara melakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication) sebagai berikut.

  • Circulation / Sirkulasi: Memulihkan Sirkulasi Darah dengan Cara Kompresi Dada

Tempatkan tumit salah satu tangan Kalian di atas bagian tengah dada seseorang, yaitu diantara putting (Perempuan: Payudara). Kemudian, tempatkan tangan yang satunya di atas tangan pertama. Lalu, Jaga siku Kalian agar tetap lurus dan posisi bahu Kalian tepat di atas tangan Kalian.

Gunakan berat badan bagian atas (tidak hanya lengan kalian) ketika kalian mendorong ke bawah (menekan) dada minimal 2 inci (sekitar 5 cm).  Tekan dada pasien sekitar 100 tekanan/menit.

Akan tetapi, Jika Kalian belum pernah dilatih ataupun belajar melakukan CPR, maka hal yang harus kalian lakukan adalah dengan melanjutkan kompresi dada hingga terdapat tkalian pergerakan ataupun hingga personil medis gawat darurat datang ke lokasi dan mengambil alihnya. Jika Kalian pernah dilatih ataupun belajar melakukakan CPR, maka kalian dapat melanjutkannya dengan melakukan pemeriksaan pernapasan.

  • Airway / Jalur Nafas: Loloskan Jalan Nafas

Langkah ini dilakukan jika Kalian telah melakukan sebanyak 30 kali penekanan dada, maka buka jalan napas orang tersebut dengan cara meletakkan telapak tangan Kalian di dahinya kemudian miringkan kepalanya ke arah belakang. Kemudian dengan menggunakan tangan Kalian yang satunya, angkatlah dagu orang tersebut ke depan agar dapat membuka jalan napasnya.

Kemudian, periksalah apakah napas orang tersebut normal dalam kira-kira 10 detik. Lalu, dengarkan bunyi napasnya, dan rasakan napasnya di pipi dan telinga Kalian. Jika orang tersebut tidak bernapas secara normal, maka mulailah memberikan pernapasan mulut ke mulut. Dan jika orang tersebut masih tetap tidak sadar maka lanjutkanlah dengan penekanan dada.

  • Breathing / Pernapasan: Berbagi Pernapasan

Penyelamatan pernapasan dapat dilakukan pernapasan mulut ke mulut atau mulut ke hidung, jika mulut pasien terluka serius atau tidak dapat dibuka. Kemudian, lanjutkan dengan melakukan penekanan dada guna memulihkan sirkulasi. Lanjutkan terus CPR sampai terdapat tkalian pergerakan ataupun tenaga medis datang mengambil untuk menangani orang tersebut.

Demikianlah pembahasan dari Pelajarindo.com mengenai Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR yang Benar. Semoga artikel ini dapat membantu Kalian dan dapat menambah wawasan Kalian. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel berikut:

Definisi Fotografi | Lengkap Dengan Pendapat Para Ahli

Pengertian Cinta Lengkap | Special Edition – Pelajarindo.com

Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli | Pelajarindo.com

Penjelasan Lambang Pramuka Lengkap | Pelajarindo.com

One thought on “Pengertian CPR dan Cara Melakukan CPR yang Benar | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *