Pengertian Akuntansi | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian akuntansi – Anda seorang akuntan? Menurut anda apakah fungsi akuntansi? Yah akuntasi sering dikaitkan dengan keuangan dan bisnis. Tanpa kita sadari akuntansi kerap ada di lingkungan sehari-hari. Pelajarindo.com akan membahas sangat menarik mengenai pengertian akuntansi. Mari kita belajar bersama-sama pengertian akuntansi.

Pengertian akuntansi

Pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis guna pengelolaan data menjadi sebuah laporan. serta mengkomunikasikan hasil kepada para pengambil keputusan (Jusup Al Haryono didalam bukunya jilid7 Dasar-Dasar Akuntansi, 2011). Pengertian akuntasi juga dapat di kaitkan dengan laporan-laporan keuangan misalnya buku besar, jurnal, neraca dan lainnya. Setiap harinya menejer perusahaan akan membuat sebuah keputusan yang berdasarkan informasi  sebagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut di gunakan sebagai pelayanan yang baik. Pengertian akuntansi dapat di kaitkan dengan dua sudut pandang yaitu sudut pandnag pemakai dan sudut pandang proses kegiatan. Berikut ini penjellasan untuk masing-masing sudut pandang.

Pengertian Akuntansi

Definisi dari Sudut Pemakai

Pengertian akuntansi dilihat definisi dari sudut pemakai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan secara efesien. Serta mengevaluasi kegiatan-kegiatan entitas. Informasi ini di hasilkan oleh akuntasi adalah sebagai berikut:

1) Membuat perencanaan yang efektif pengawasan, pengambilan keputusan oleh menejemen.

2) Pertanggungjawaban entitas kepada para invertor, kreditur, badan pemerintah dan sebagainya.

Kenapa informasi akuntansi sangat penting? Karena informasi akuntansi sangat berperan besar dalam pengambilan keputusan oleh meneger. Bisa juga untuk pengambilan keputusan dari pihak eksternal misalnya investor. Investor adalah orang-orang yang menanam saham di suatu organisasi perusahaan.

Kesimpulan definisi dari sudut pemakai adalah:

1) Biasanya akuntansi diselenggarakan di dalam suatu entitas berupa organisasi bisnis atau organisasi nirlaba. Informasi-informasi yang di hasilkan yaitu informasi tentang entitas (entitas buku atau entitas perusahaan).

2) Informasi-informasi yang di hasilkan dari akuntansi sangatlah penting bagi penyelenggara kegiatan perusahaan. Informasi ini biasanya dapat di gunakan dalam pengambilan keputusan intern organisasi (oleh menajemen : pimpinan perusahaan). Selain intern informasi akuntansi juga dapat menjadi pengambilan keputusan ekstren (oleh investor : menanam saham di perusahaan).

Baca Juga:

Pengertian Akuntan Publik | Pelajarindo.com

Bidang-Bidang Akuntansi | Pelajaindo.com

Definisi dari Sudut Proses Kegiatan

Setelah mempelajari sudut pemakai, selanjutnya pengertian akuntansi merupakan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisisan data keuangan suatu entitas. Definisi dari sudut pandang kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan sangat banyak sekali macam-macam. Dan pada dasarnya akuntansi harus memiliki:

1) Menganalilis dan mengidetifikasi data, dimana data tersebut berkaitan dan relevan dengan keputusan yang di ambil.

2) Memproses (processing) data yang relevan.

3) Mengolah data agar menjadi informasi kemudian digunakan sebagai pengambilan keputusan.

Berikut ini adalah gambar proses penggunaan akuntansi untuk menghasilkan informasi pemakai

gambar proses penggunaan akuntansi untuk menghasilkan informasi pemakai

Dari gambar diatas menjelaskan bahwa pertama yang harus dilakukan seorang akuntan adalah merumuskan kelompok-kelompok pemakai informasi dan jenis informasi yang dibutuhkan. Kebutuhan yang dihasilkan akan menentukan data ekonomi dan aktivitas apa yang akan dicatat oleh sistem akuntansi. Tahap terakhir adalah mengumpulkan dan membuat laporan ringkasan informasi tersebut.

Demikan pengertian akuntasi dan dilihat dari sudut pandang pemakai dan sudut pandang proses kegiatan. insyaAllah sangat bermanfaat bagi kita yang membaca dan mempelajarinya. Kunjungi terus pelajarindo.com banyak sekali artikel yang menarik. Terimakasih.

Sumber yang di gunakan dari buku

Judul buku                          : Dasar-Dasar Akuntansi (jilid 1, edisi 7)

Nama Pengarang             : Al. Haryono Jusup (Universitas Gajah Mada)

Tahun                                   : 2011

2 thoughts on “Pengertian Akuntansi | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *