Pengertian Akuntan Publik | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian akuntan Publik – pengertian publik. Pelajarindo.com akan membahas sangat menarik mengenai pengertian akuntansi publik. Mari kita belajar bersama-sama pengertian akuntansi.

Pengertian Akuntan Publik

Pengertian akuntan publik adalah seseorang yang mengerti akan keadaan akuntansi publik. Seorang akuntan publik bisa berperan secara perorangan atau sebagai anggota dari suatu akuntan publik. Jika ingin menjadi akuntan publik harus memenuhi syarat-syarat misalnya pendidikan, pengalaman, dan ujian khusus. Syarat-syarat di berbagai negara berbeda-beda berdasarkan standarisasi di seriap negara.

Akuntan publik juga diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2011. Tentang akuntan publik dan pengaturan mentri keuangan Nomor 443/KMK.01/2011.  Mengenai penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia berfungsi sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik Indonesia.

Pengertian akutan publik

Setiap akuntan publik harus bergabung dengan member IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) sebuah asosiasi yang resmi dari pemerintah.

Untuk di Indonesia syarat yang harus yang dikukan adalah pendidikan S1  jurusan akuntansi (universitas/perguruan tinggi). Setelah itu mengikuti program pendidikan profesi akuntansi (PPA) sehingga dapat menyandang profesi akuntan (Ak). Menyelenggarakan program pendidikan untuk profesi akuntan publik adalah lembaga perguruan tinggi yang sudah mendapat persetujuan. Persetujuan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Pengalaman kerja disebuah kantor untuk pengalaman kerja beberapa tahun. Selain itu harus mengikuti ujian sertifikasi akauntan publik yang diselenggarakan oleh organisasi profesi (Ikatan Akuntan Indonesia). Jika apabila lulus maka akan disebut Akuntan Publik Bersertifikasi.

Tugas Akuntan Publik

Didalam perusahaan memiliki devisi-devisi penting yang berguna untuk menopang persahaan agar tetap stabil. Misalnya bagian devisi menajemen. Devisi menagemen harus memberikan laporan di setiap bulannya. Nah tugas akuntan publik adalah memeriksa laoran tersebut. Mengurangi kecurangan dalam bentuk laporan yang tidak sesuai dengan fakta. Hampir sama dengan audit yaaa? Betul !! akuntan publik hampir sama dengan audit. Yang membedakan adalah laporan yang di perikas. Jika akuntan publik hanya memerikasa laporan yang berhubungan akuntansi saja. Jika audit harus memerikas semuanya. Kesimpulannya tugas akuntan publik adalah memerikasa laporan berdasarkan fakta, keadaan yang ada, pas dan wajar.

Baca Juga:

Pengertian Akuntansi | Pelajarindo.com

Bidang-Bidang Akuntansi | Pelajaindo.com

Syarat Menjadi Akuntan Publik

Sudah di jelaskan sebagian di atas mengenai syarat menjadi akuntan publik. Sebetulnya banyak sekali yang harus di lalui dan sangat membutuhkan waktu jangka panjang. Berikut ini adalah syarat menjadi akuntan publik:

1) Mempunyai sertifikat USAP resmi di tebitkan oleh perguruan tinggi terakreditasi IAPI atau surat resmi dari IAPI sebagai lembaga resminya.

2) Dalam jangka 2 tahun saja sertifikat kelulusan USAP. Dan setelah itu memberikan bukti telah selesai program Pendidikan Profesi Berkelanjutan dengan SKP atau satuan kredit PPL paling sedikit 60 SKP dalam waktu 2 tahun.

3) Pengalaman sebelumnya praktik dalam bidang audit umum atas laporan keuangan dengan pengalaman minimal 1000 jam dalam waktu 5 tahun.

4) KTP (Kartu Tanda Penduduk) warganegaraan Indonesia dan berdomisili di indonesia

5) Memiliki NPWP biasa di sebut Nomor Pokok Wajib Pajak

6) Sebelumnya tidak pernah menerima pencabutan izin akuntan publik

7) Tidak pernah bersangkutan pidana berkekuatan hukum tetap karena melakukan kejahatan dengan ancaman 5 tahun atau lebih

8) Anggota IAPI

9) Tidak dalam keadaan pengampunan

10) Membuat dan mengajukan surat permohonan isin akuntan publik dan surat pernyataan untuk tidak rangkap jabatan.

11) Surat pernyataan bermaterai dalam pasal 46, serta informasi data persyaratan yang di sampaikan benar dan tidak mengada-ngada.

Anda tertarik menjadi akuntan publik? Wah sangat banyak persyaratan yang harus di lalui. Dan waktu untuk menjadi seorang akuntan publik. Demikianlah pembahasan akuntan publik semoga bermanfaat untuk kita yang mempelajarinya. Kunjungi terus pelajarindo.com banyak artikel yang bermanfaat.

Sumber yang di gunakan dari buku

Judul buku                          : Dasar-Dasar Akuntansi (jilid 1, edisi 7)

Nama Pengarang             : Al. Haryono Jusup (Universitas Gajah Mada)

Tahun                                   : 2011

2 thoughts on “Pengertian Akuntan Publik | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *