Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis | Pelajarindo.com

Posted on

Kalian pernah mendengar kata LAN, MAN, dan WAN? Pada pelajaran teknologi pasti pernah belajar mengenai jaringan ini. Simak pembahasan pelajarindo.com kita akan belajar besama-sama dengan kalian semua.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

Ada beberapa jenis jaringan computer berdasarkan beberapa pandangan. Kali ini saya akan membahas mengenai jaringan computer berdasarkan jangkauan geografis. Jaringan computer berdasarkan jangkauan geografis adalah jaringan yang di lihat dari segi lokasi jangkauan. Jangkauan jaringan ini sendiri ada yang beberapa meter saja dan ada pula yang sampai antar benu dan negara.

Jaringan computer berdasarkan jangkauan geografis banyak sekali di gunakan untuk penerapan teknologi masa iki. Mulai dari penggunaan kabel, WIFI, FiberOptik hingga satelit. Dengan adanya jangkauan computer ini tentunya kita sangat mudah menjangkau informasi yang di hasilkan bebrapa sumber. Jaringan computer sangat di perlukan dalam era global sekarang ini. Banyak sekali manfaatnya misalnya untuk bertukar informasi atau mencari informasi.

Dibawah ini ada 3  jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis yang sangat sering kita dengar simak pengertian dan perbedaannya.

LAN (Local Area Network)

Pengertian Jaringan LAN (local Area Network) adalah media transmisi atau sistem bersama serta rangkaian hardware dan software untuk menghubungkan perangkat computer. Perangkat ini menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. Menurut penelitian topologi yang cocok saat digunakan LAN (local Area Network)  adalah topologi cincin, bus, pohon dan bintang.

Jaringan LAN (local Area Network) merupakan jaringan yang berjarak beberapa meter saja. Jaringan LAN (local Area Network) digunakan untuk perkantoran atau kampus/sekolah yang jaraknya hanya beberapa meter saja. Transisi yang di gunakan masih berupa kabel dan WIFI. LAN (local Area Network) adalah jaringan yang simple dan masih sangat mudah digunakan atau di implementasikan.

Sudah dibahas diatas bahwa topologi yang cocok untuk LAN (local Area Network)  adalah topologi bus dan pohon. karena bagian kabel yang pasif tempat perangkat yang terhubung. penghubingan sebuah frame satu dengan yang lain dapat terhubung. Selain topologi tree dan  bus,  ada juga topologi cincin yaitu LAN (local Area Network)  terdiri dari sebuah loop yang tertutup serta perulangan dapat memungkinkan data beredar di seputar cincin. Repeater yang berfungsi sebagai sangat penting yaitu sebagai titik penghubung perangkat.

Jaringan LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang mencakup wilayah yang kecil hanya beberapa meter saja. Misalnya sekolah, kantor, dan warnet. Pada umunya LAN (Local Area Network) hanya jangkauan 1 km persegi. Jaringan LAN (Local Area Network) menggunakan IEEE 80.3 Ethernet dan mempunyai kecepatan transfer 10, 100 bahkan bisa 1000 MB/s.

Berikut ini adalah contoh gambar LAN (Local Area Network).

Jaringan LAN

MAN (Metropolitan Area Network)

Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang mencangkup antar kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi. MAN (Metropolitan Area Network menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti pemerintahan, kampus, perkantoran, dan lain sebagainya. Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang jangkauannya antar kota dengan kecepatan transfer yang tinggi. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) biasa di sebut dengan kumpulan dari beberapa jaringan LAN (Local Area Network. Jangkauan yang di miliki oleh MAN (Metropolitan Area Network) adalah sekitar 10-50 kilo meter. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) memiliki satu atau dua kabel dan tidak membutuhkan switching.

Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa MAN (Metropolitan Area Network) adalah penghubung antar LAN (local area network). Didalam gedung, kampus, sekolah, perkantoran menggunakan LAN (Local area network) dan akan dihubungkan dengan MAN (Metropolitan Area Network). Jaringan MAN yaitu gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN (Metropolitan Area Network)  ini antar 10 sampai dengan 50 kilo meter. MAN (Metropolitan Area Network)  sangat cocok untuk membangun jaringan antar bangunan atau antar gedung-gedung.

WAN (Wide Area Network)

Pengertian WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang memiliki jarak geografis sangat luas sekali, karena mencakup sebuah negara dan benua dan menggunakan satelit. WAN (Wide Area Network) menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. WAN (Wide Area Network)  mempunyai kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Komponen WAN (Wide Area Network)  yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah atau lebih kabel.

Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang jangkauannya luas sekali. Seluas geografis antar negara antar benua. WAN (Wide Area Network) menggunakan satelit sehingga sangat luas sekali jangkauannya.

Berikut ini dalah ganbar WAN (Wide Area Network).

Jaringan WAN

Demikian penjelasan lengkap mengenai Jaringan Komputer berdasarkan jangkauan geografis ini kami buat agar menjadi bahan referensi yang baik bagi sobat semuanya. Jabat erat dari kami. Dan jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat berbagi dengan cara sederhana UNTUK KLIK IKLAN YANG ADA DI WEBSITE INI. TERIMAKASIH ATAS KEMURAHAN HATINYA.

Baca Juga:

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya | Pelajarindo.com

Komponen-Komponen Komputer | Pelajarindo.com

Pengertian Sistem Komputer | Pelajarindo.com

Sumber Buku

Andrew S. Tanenbaum, 2000. Jaringan Komputer : Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit Prenhallindo : Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *